Kompas TV regional berita daerah

Polisi Bantah Klaim OPM Soal 33 Kelompok Bersenjata Siap Menyerang di Tembagapura

Kompas.tv - 7 Maret 2020, 20:47 WIB
polisi-bantah-klaim-opm-soal-33-kelompok-bersenjata-siap-menyerang-di-tembagapura
Polisi memberikan bingkisan makanan kepada warga pengungsi Tembagapura. (Sumber: Dok. Polri)
Penulis : Tito Dirhantoro

PAPUA, KOMPAS TV - Kabid Humas Polda Papua, Ahmad Mustofa Kamal, mengatakan pihak aparat baik TNI maupun Polri belum akan menambah pasukan di Tembagapura meskipun kelompok kriminal bersenjata (KKB) semakin mendekat kawasan PT Freeport Indonesia.

Menurut Kamal, jumlah pasukan yang sudah ada sekarang ini, baik dari pihak TNI maupun Polri dirasa sudah cukup untuk mengamankan perusahaan tambang emas tersebut. 

“Anggota TNI dan Polri sekarang ini sudah cukup untuk mengamankan PT FI (Freeport Indonesia),” kata Kamal saat dihubungi Kompas.tv dari Jakarta pada Sabtu (7/3/2020).

Kamal membantah klaim Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang menyebut ada 33 kelompok pasukan bersenjata di Tembagapura yang siap menyerang aparat TNI dan Polri.

Baca Juga: Jubir OPM: 33 Kelompok Bersenjata Siap Serang TNI dan Polri di Tembagapura

“Tidak ada. Dari mana saja coba (asal) mereka besar-besar. Situasi ini agar jadi perhatian publik,” ujar Kamal.

Lebih lanjut, Kamal memperingatkan kepada KKB atau OPM untuk tidak mengganggu masyarakat di Tembagapura dan sekitarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (OPM), Sebby Sambom, sebelumnya menyebut sebanyak 33 kelompok pasukan bersenjata saat ini telah berada di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. 

Mereka disebut-sebut telah bersiap menyerang aparat TNI dan Polri yang berjaga di sekitar kawasan PT Freeport Indonesia. 

“Kami akan terus berjuang hingga PT Freeport Indonesia meninggalkan Tembagapura. Mereka tidak berhak atas kekayaan alam bangsa Papua,” kata Sebby kepada Kompas pada Sabtu (7/3/2020).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.