Kompas TV nasional berita kompas tv

Polda Papua Bakal Menindak Tegas KKB di Distrik Tembagapura

Kompas.tv - 7 Maret 2020, 18:15 WIB
polda-papua-bakal-menindak-tegas-kkb-di-distrik-tembagapura
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw. (Sumber: KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)
Penulis : Johannes Mangihot

PAPUA, KOMPASTV - Polda Papua bersama Kodam Cendrawasih diterjunkan untuk menindak tegas kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang meresahakan masyarakat di Distrik Tembagapura, Mimika, Papua. Diketahui KKB telah masuk ke perkampungan dan mengancam masyarkat dengan senjata.

Kapolda Papua Irjen pol Paulus Waterpauw menjelaskan saat ini masyarakat di Distrik Tembagapura sedang diungsikan. Jika seluruh masyarakat telah berada di tempat aman, maka Polri bersama TNI tidak segan menindak tegas KKB yang meresahkan masyarkaat.

"Dengan masyarakat meninggalkan tempat artinya kan tinggal kelompok itu. Kami tindak tegas," ujar Paulus saat ditemui KompasTV, Sabtu (7/3/2020).

Baca Juga: Jubir OPM: 33 Kelompok Bersenjata Siap Serang TNI dan Polri di Tembagapura

Paulus menambahkan, proses pengungsian masyarakat terus berjalan. Di sisi lain, Polda Papua dibantu Kodam Cenderawasih menyisir daerah-daerah yang telah dimasuki KKB di Distrik Tembagapura.

Menurut Paulus tindakan tegas akan secepatnya dilakukan, dan sejalan dengan pengungsian masyarakat. Saat ini, polisi dibantu dengan Kodam Cendrawasih sedang mengevakuasi warga dari Distrik Timbagapura.

"(Langkah tindak tegas) secepatnya, mudah-mudahan berhasil ya," ujar Paulus.

Sejauh ini sudah ada 900 warga yang mengungsi dari Distrik Tembagapura lantaran KKB telah masuk ke perkampungan dan meresahkan masyarakat.

Baca Juga: KKB Teror Warga di Tembagapura, Todongkan Senjata Minta Jatah Makan

KKB melakukan tindakan paksa dengan menodongkan senjata kepada masyarakat saat meminta makanan.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x