Kompas TV nasional berita kompas tv

Sebanyak 188 Kru Kapal World Dream Dinyatakan Negatif Virus Corona

Kompas.tv - 6 Maret 2020, 16:10 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Empat hari setelah tiba di tanah air, 68 kru kapal Diamond Princess, akhirnya bisa diturunkan ke lokasi observasi, di Pulau Sebaru Kecil.

Satu orang kru kapal, terpaksa tinggal di Kapal Rumah Sakit, KRI Soeharso, karena sebelumnya mengeluh batuk.

Diangkut dengan kapal tunda dari KRI Soeharso, para kru kapal Diamond Princess, yang sudah dinyatakan sehat, dan negatif covid-19, dipindahkan ke Pulau Sebaru Kecil,  dengan pengawalan khusus.

Selain 68 WNI kru kapal, ada 40 orang pendamping lainnya, dari Kementerian Kesehatan, dan TNI Batalion Kesehatan Marinir, yang ikut menjemput dari Jepang, dan akan ikut serta dalam proses observasi.

Namun, satu orang WNI lainnya, terpaksa tinggal di kapal, karena  akan menjalani pemeriksaan lanjutan,

Pemindahan para kru Kapal Diamond Princess ini, sempat tertunda, karena cuaca buruk, dan hujan deras.

Sementara itu, satu dari sembilan WNI ABK Diamond Princess lain yang sudah sehat, setelah positif covid-19, dan dirawat di Jepang, dipulangkan atas biaya perusahaan.

Sesampainya di Indonesia, ia masih harus menjalani masa observasi.

Dua kru Diamond Princess lain yang sudah negatif corona juga tengah menunggu hasil tes konfirmasi, sebelum dipulangkan ke tanah air.

Sementara itu, juru bicara Pemerintah untuk penanganan covid-19, Achmad Yurianto, memastikan bahwa hasil pemeriksaan 188 kru kapal World Dream, yang sudah lebih dahulu menjalani observasi di Pulau Sebaru Kecil, seluruhnya negatif covid-19.

Hingga 5 Maret 2020, ada 156 orang yang masuk dalam kategori pasien dalam pengawasan terkait corona, yang spesimennya, berasal dari 35 rumah sakit di 23 provinsi.

Di antaranya, termasuk dua pasien positif corona, yang saat ini dirawat di RSPI Sulianti Saroso.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.