Kompas TV video cerita indonesia

Cegah Penyebaran Corona, PT KAI Operasikan Rail Clinic

Kompas.tv - 6 Maret 2020, 15:49 WIB
Penulis : Laura Elvina

SEMARANG, KOMPAS.TV - Mencegah penyebaran virus corona di Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan Rail Clinic atau Kereta Kesehatan.

Pengoperasian Rail Clinic ditandai dengan pelepasan oleh Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro di Stasiun Semarang Poncol, Kamis, 5 Maret 2020. Menurut Edi, Rail Clinic akan beroperasi untuk memberikan pelayanan pencegahan virus Corona, di jalur lintas utara maupun selatan Pulau Jawa mulai 5 hingga 9 Maret 2020.

"Ini kesempatan yang baik karena disampaikan sesuai arahan Kementerian BUMN untuk peduli mengantisipasi virus Covid-19. Kami luncurkan kereta klinik yang menyediakan fasilitas pemeriksaan umum," kata Edi, Kamis (5/3/2020).

Edi menyebut terdapat 89 pos kesehatan yang tersebar di berbagai stasiun di Pulau Jawa dan Sumatera, yang siap memberikan pelayanan kesehatan kepada penumpang.

Rail Clinic memiliki fasilitas layaknya fasilitas kesehatan dan akan memberikan pemeriksaan kesehatan tentang virus corona kepada masyarakat. Petugas juga membagikan masker dan pamflet serta mengajarkan cara cuci tangan, pemakaian masker, dan etika batuk atau bersin. 

Baca Juga: PT KAI Bagi Masker dan Sosilisasikan Hidup Sehat

Saat ini, sesuai imbauan Kementerian Perhubungan, PT KAI juga telah menempatkan "hand zanitizer" di sejumlah titik di stasiun maupun gerbong kereta.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x