Kompas TV nasional jejak kasus

Berjuang Melawan Kanker - JEJAK KASUS

Kompas.tv - 8 Maret 2020, 11:02 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Siapa sangka mantan atlet softball nasional, yang terbiasa dengan pola hidup sehat terdiagnosa kanker paru-paru. Pada bulan Desember 2005 Albert Charles Sompie didiagnosa mengidap kanker paru-paru. Albert sempat kaget ketika mendengar kabar dari dokter kalau dia mengidap kanker paru-paru. Setelah itu Albert pun memutuskan untuk melakukan operasi pengangkatan kanker. Namun pasca operasi pengangkatan kanker paru-paru, Albert kembali didagnosa mengidap kanker usus. Albert pun sempat putus asa akibat kanker yang mengidap di tubuhnya. Namun berkat dukungan dari keluarga terdekat Albert kembali bangkit dan melawan kanker.

World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa Kanker menjadi penyebab kematian kedua terbesar di Dunia. Di Indonesia angka kematian akibat kanker terbilang tinggi. Pada tahun 2018 angka kematian akibat kanker di dunia sebesar 9,6 juta jiwa, sementara itu di Indonesia tercatat sekitar 207.210 angka kematian akibat kanker pada tahun 2018. Jumlah kasus kanker di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Angka kejadian kanker di Indonesia sebanyak 1.362 per 1 juta penduduk. Hal tersebut terjadi akibat minimnya informasi dan pengetahuan tentang kanker terhadap masyarakat, sehingga banyak dari masayarakat yang memeriksakan diri sudah stadium 3 atau 4 sehingga persentasi untuk sembuhnya sangat tipis, dibanding ketika datang dengan stadium satu atau dua yang masih bisa disembuhkan. Kasus kanker untuk perempuan paling tinggi adalah kanker payu dara, kedua kanker serviks atau kanker leher Rahim. Sementara untuk laki-laki yang paling banyak terjadi adalah kanker paru-paru dan kanker prostat. Sedangkan untuk anak-anak paling tinggi adalah kanker darah atau leukemia.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan resiko terkena kanker, 95% diantaranya dari faktor lingkungan seperti gaya hidup yang tidak baik, polusi, genetic, riwayat keluarga, rokok, dan makanan yang tidak sehat. Kanker dapat dicegah dengan cara meneraokan pola hidup yang sehat, misalnya makan buah-buahan, sayur-sayuran yang banyak mengandung serat, rajin berolahraga dan berhenti merokok. Selain itu kanker juga dapat disembuhkan apabila pasien dengan kanker masih dalam stadium 1 atau stadium 2, namun kalau sudah stadium lanjut penanganannya berbeda.

#JejakKasus



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x