Kompas TV nasional sapa indonesia

Karyawan Vs Pengusaha, Pilih Mana? Ini Tipsnya!

Rabu, 4 Maret 2020 | 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebenarnya, mana yang lebih baik... jadi karyawan atau jadi pengusaha?
Motivator National Leadership & Happiness, Arvan Pradiansyah menjawab, keduanya sama baiknya, sama mulianya dan sama terhormatnya.

Sebelum salah melangkah, Arvan menjelaskan soal jadi karyawan dan pengusaha lewat aspek-aspek yang jarang sekali kita lihat.

Baca Juga: Empat Tipe Bahagia, mana yang Mencerminkan diri Anda?

Apa saja sih alasan seseorang jadi pengusaha?

Pasti semua akan menjawab ingin punya uang yang banyak, ingin santai dan menikmati hidup dan ingin menjadi bos sehingga tidak perlu disuruh-suruh.

Namun, ketiga alasan ini sesungguhnya adalah alasan yang salah.

Pertama dari sisi uang, siapa bilang jadi karyawan tak bisa kaya? Banyak, lho karyawan yang lebih kaya dari pengusaha!

Baca Juga: Tips Menikah Tanpa Utang, Ini Solusi Bijaknya

Yang kedua, ingin santai dan menikmati hidup? Itu nanti. Ketika Anda membangun bisnis, waktu Anda akan tersita untuk bisnis.

Anda harus bangun bisnis, cari klien, kembangkan karyawan, itu semua akan menyita waktu 24 jam dari waktu Anda sehari, 7 hari dalam seminggu. 

Ketiga, tidak mau disuruh-suruh. Pertanyaannya, mana ada pekerjaan di dunia ini yang tidak disuruh-suruh? 

Sekalipun Anda punya bisnis sendiri, Anda akan disuruh oleh klien Anda.

Jadi, apa alasan terpenting untuk bisa menjadi pengusaha? Bukan dari 3 alasan di atas.

Pertama, Anda ingin bisa memanfaatkan potensi diri Anda atau Flourish. Anda ingin tumbuh kembang menjadi orang yang sehebat-hebatnya.

Jadi, Anda bisa memanfaatkan potensi diri Anda yang dahsyat yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Baca Juga: 4 Hal Penting Dalam Bisnis!

Kedua, Anda ingin mendapatkan kepuasan batin yang lebih. Anda ingin bertanggung jawab dari A sampai Z dan bisa melayani customer secara langsung.

Lalu yang ketiga, Anda ingin memberikan nilai tambah kepada dunia. Dengan kata lain, Anda ingin bekerja sesuai dengan calling Anda. Anda ingin keluar dari batas-batas yang ada di perusahaan.

Jadi, kesimpulannya mana yang lebih baik, jadi pengusaha atau karyawan?

Temukan jawabannya dalam video ini!

  


 

Editor : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Perempuan Dan Rempah Sumsel

Kamis, 29 Oktober 2020 | 02:22 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
03:20
PERINGATI SUMPAH PEMUDA, MENKEU SRI MULYANI MINTA GENERASI MUDA BAHU-MEMBAHU BANGUN BANGSA   WALI KOTA SURABAYA TRI RISMAHARINI BERHARAP PEMUDA PERERAT KEBERSAMAAN DAN LAWAN KEMISKINAN   WALI KOTA BOGOR MINTA ASN YANG KE LUAR KOTA SELAMA LIBUR PANJANG LAKUKAN TES USAP DAN KARANTINA MANDIRI   BPOM PASTIKAN VAKSIN COVID-19 AMAN SEBELUM BERI IZIN EDAR   KLHK: PENATAAN SARANA DAN PRASARANA WISATA DI PULAU RINCA TETAP PATUHI KAIDAH KONSERVASI   KPAI MINTA DISDIK TINDAK TEGAS GURU DI DKI JAKARTA YANG AJAK SISWA PILIH KETUA OSIS SEAGAMA   MEGAWATI SOEKARNOPUTRI MENGAKU KESAL ISU PKI DIGUNAKAN UNTUK MEMBOHONGI RAKYAT   MEGAWATI SOEKARNOPUTRI: ZAMAN GINI MASIH NGOMONGIN PKI, BUKTIKAN DONG   POLRI IMBAU MASYARAKAT TETAP DI RUMAH SELAMA LIBUR PANJANG UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19   DANIEL MANANTA: KSP DIBERI SEPEDA KARENA MENDUKUNG PRODUK DALAM NEGERI, JANGAN JADI POLEMIK   MOELDOKO: DIREKTUR GRATIFIKASI KPK SYARIF HIDAYAT MENYATAKAN PEMBERIAN KEPADA LEMBAGA TIDAK MASUK GRATIFIKASI   MOELDOKO MENGAKU SUDAH BERKONSULTASI DENGAN KPK PERIHAL SEPEDA LIPAT DARI DANIEL MANANTA   MOELDOKO: SEPEDA DARI DANIEL MANANTA DIBERIKAN UNTUK PERAYAAN KEGIATAN HARI SUMPAH PEMUDA YANG DIGELAR OLEH KSP   KEPALA STAF KEPRESIDENAN MOELDOKO KLARIFIKASI SEPEDA LIPAT DARI DANIEL MANANTA BUKAN UNTUK PRESIDEN JOKOWI