Kompas TV nasional berita kompas tv

Menteri BUMN Erick Thohir : Stok Beras Aman, Jangan Panik!

Kompas.tv - 4 Maret 2020, 13:58 WIB
menteri-bumn-erick-thohir-stok-beras-aman-jangan-panik
Menteri BUMN Erick Thohir memastikan stok beras di gudang Perum BULOG, Jakarta (Sumber: Istimewa)
Penulis : Alexander Wibisono

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan stok beras di gudang milik Perum BULOG aman untuk menyuplai kebutuhan pangan seluruh masyarakat Indonesia.

“Panik itu tidak bisa menjawab persoalan. Pemerintah serius melindungi masyarakat. Kita hadapi bersama, percayalah, bersatu selalu menguatkan kita,” kata Erick Thohir di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

”Kita saksikan sendiri BULOG mampu menyediakan beras untuk seluruh masyarakat Indonesia. Dengan stok beras yang tersimpan di unit-unit Gudang BULOG seluruh Indonesia,” jelas Erick

Hingga saat ini stok beras BULOG mencapai 1,6 juta ton yang tersimpan di 1.647 unit gudang-gudang BULOG yang tersebar di seluruh Indonesia. Ketersediaan stok beras akan bertambah karena musim panen raya akan tiba. 

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir saat memantau ketersediaan stok pangan yang dimiliki Perum BULOG dengan mengunjungi Komplek Pergudangan BULOG di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Dalam kesempatan ini, Erick didampingi Direktur Utama (Dirut) Perum BULOG, Budi Waseso.

Kunjungan ini dilakukan menyusul masuknya virus corona ke Indonesia yang membuat kepanikan masyarakat dengan memborong kebutuhan pangan di sejumlah kawasan.

Baca Juga: Menteri Perdagangan Menilai Tak Perlu Panic Buying, Berbelanja Seperlunya

Gudang BULOG di Jakarta memiliki simpanan beras 334 ribu ton. Jumlah ini merupakan stok terbesar kedua di Indonesia, setelah Gudang Jawa Timur.

BULOG memastikan pihaknya mampu mengatasi kebutuhan lonjakan beras yang tak terduga. .

Direktur Utama Perum BULOG, Budi Waseso mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran untuk menyiapkan stok beras yang menjadi tanggung jawab BULOG untuk bisa selalu tersedia di masyarakat.

“Tidak ada masalah, BULOG menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat walau ada lonjakan permintaan yang tiba-tiba. BULOG akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersedian beras tersebut,” kata Budi Waseso menanggapi kebutuhan pangan saat ini.

BULOG sendiri memastikan seluruh jaringan yang bekerjasama dengan Perum BULOG sudah menyediakan kebutuhan beras di tingkat lokal baik secara online melalui e-commerce BULOG dengan nama iPANGANANDOTCOM yang bisa digunakan di 7 kota (Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Medan dan Makassar).

Selain itu, ada pula outlet-outlet milik Perum BULOG seperti RPK (Rumah Pangan Kita) yang tersebar di seluruh Indonesia, serta jaringan retail modern yang ada.

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.