Kompas TV regional berita daerah

Jadi Rujukan Penanganan Pasien Corona, RSUD Ulin Siapkan Ruang Isolasi

Kompas.tv - 3 Maret 2020, 21:51 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Setelah kasus positif korona di Indonesia ditemukan, sejumlah rumah sakit telah siap siaga menangani pasien dengan suspek korona termasuk Rumah Sakit Umum Daerah, RSUD Ulin Banjarmasin.

Menjadi satu dari 100 rumah sakit rujukan pasien virus korona, pihak RSUD Ulin Banjarmasin memastikan kesiapannya bahkan sebelum korona masuk Indonesia.

Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, Suciati kepada wartawan selasa pagi (3/3/2020) menyatakan, telah menyiapkan ruang isolasi untuk penanganan pasien terinfeksi virus corona atau COVID19 yang memiliki fasilitas dan tim medis yang lengkap.

ruang isolasi gedung khusus dengan delapan tempat tidur untuk penyakit menular tersebut ialah ruang bougenvile yang lokasinya terpisah dari gedung utama untuk pasien umum.

Pihak rumah sakit juga menyatakan perlengkapan kesehatan dan petugas medis lebih optimal untuk penanganan virus korona. 

"Gedung tersebut memang untuk menangani berbagai jenis penyakit, tetapi dengan ruangan yang berbeda-beda. Khusus untuk ruang isolasi penananganan corona lebih spisifik dibanding ruangan lainnya," terang Suciati.

Sebelumnya, ruang isolasi juga sempat digunakan untuk pasien mers, flu burung, dan flu babi.

Tidak hanya ruangan dan peralatan, petugas medis yang disiapkan juga cukup lengkap.

RSUD Ulin menyiapkan tim medis setidaknya terdiri dari dokter spesialis paru, jantung, penyakit dalam, , radiologi, terminologi dan tim medis terkait lainnya.

Sementara hingga berita dibuat, belum ada kasus postif corona di Kalimantan selatan. Warga diimbau menjaga kebersihan, berpola hidup sehat dan jangan panik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x