Kompas TV nasional berita kompas tv

Kemendagri Dorong Pemda Tunjuk Jubir Khusus Terkait Virus Corona

Kompas.tv - 3 Maret 2020, 20:21 WIB
kemendagri-dorong-pemda-tunjuk-jubir-khusus-terkait-virus-corona
Klarifikasi KBRI Singapura Terkait Isu Hoax Larangan ke Singapura (Sumber: KBRI Singapura )
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan surat edaran kepada kepala daerah untuk menunjuk juru bicara (jubir) khusus terkait virus corona.

Penunjukan Jubir bertujuan mencegah kesimpangsiuran informasi maupun hoaks yang beredar di masyarakat terkait pencegahan dan penanganan virus corona atau Covid 19 di daeah masing-masing.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Bahtiar menjelaskan jubir tersebut akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat ataupun instansi terkait. 

Baca Juga: Tangani Corona, Pemkot Depok Siapkan Hal Ini

Hal ini dilakukan agar jubir mampu memberikan informasi dan pemahaman yang sejelas-jelasnya kepada masyarakat terkait Covid 19. 

"Ini penting dilakukan untuk mencegah hoaks atau ketidakjelasan informasi publik terkait virus corona. Jadi seluruh pemda diharapkan mengaktifkan jubir untuk menjelaskan kepada publik dan pers terkait isu corona, jangan sampai simpang siur," ujar Bahtiar dalam siaran pers, Selasa (3/3/2020).

Penunjukan juru bicara di lingkungan pemda tersebut juga didukung dengan dikeluarkannya Surat Edaran Nomor 480/3502/SJ kepada gubernur dan 480/3503/SJ tanggal 6 Mei 2019 kepada bupati/wali kota tentang Penunjukan Juru Bicara di Lingkungan Pemerintah Daerah.

147 Hoax Corona Beredar

Kementerian Komunikasi dan Informatika mendeteksi ada 147 berita bohong atau hoax terkait virus corona sepanjang 23 Januari hingga 2 Maret 2020. Berita bohong tersebut diantaranya seperti; 

1. Barang festival holi buatan China terinfeksi virus corona.

Baca Juga: Kurangnya Konten Edukasi Corona, Warga Indonesia Banyak Termakan Hoax



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x