Kompas TV nasional berita kompas tv

Rumah Sakit Khusus Pasien Virus Corona di Batam untuk Isolasi WNI dari Luar Negeri

Kompas.tv - 3 Maret 2020, 18:20 WIB
rumah-sakit-khusus-pasien-virus-corona-di-batam-untuk-isolasi-wni-dari-luar-negeri
Presiden Jokowi saat berpidato di acara Indonesia Digital Economy Summit (27/2/2020) (Sumber: KOMPASTV/ AKBAR/ YANUAR)
Penulis : Tito Dirhantoro

BATAM, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan pemerintah saat ini tengah menyiapkan rumah sakit khusus untuk menangani pasien terjangkit virus corona atau Covid-19.

Menurut bekas Gubernur DKI Jakarta itu, lokasi rumah sakit akan berada di Pulau Galang, sebuah pulau di Batam, Kepulauan Riau.

Di rumah sakit khusus itu, kata Jokowi, akan ada fasilitas kesehatan yang sudah lama tidak digunakan di pulau itu. Oleh karena itu pemerintah akan merenovasinya dalam waktu singkat.

"Karena fasilitas ada tapi lama tidak digunakan, akan renovasi dalam waktu cepat," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Baca Juga: Jokowi Minta Privasi Pasien Corona Tidak Dibuka

Jokowi menyebut, renovasi rumah sakit tersebut perlu dilakukan demi kecepatan dalam penanganan virus Corona.

Meskipun sudah ada 132 rumah sakit rujukan yang tersebar di 34 provinsi, namun Jokowi menilai tetap diperlukan rumah sakit khusus agar masalah penyebaran virus corona tertangani dengan baik.

“Kita ingin ada kecepatan, kita ingin fasilitas yang betul-betul siap setiap saat dan tidak bergantung. Negara kita sangat luas, sehingga kita harapkan pada titik tertentu memiliki (RS Khusus) meskipun kita setiap daerah ada 132 RS yang siap fasilitas isolasi," kata Jokowi.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, menuturkan renovasi rumah sakit di Pulau Galang akan dimulai pada Rabu (4/3/2020). "Besok. Kelihatan urgensinya," kata Basuki.

Menurut Basuki, rumah sakit di Pulau Galang itu akan lebih banyak digunakan untuk mengisolasi WNI yang dievakuasi dari luar negeri. 

Dengan demikian, Pulau Sebaru nantinya besar kemungkinan tak akan lagi digunakan sebagai tempat evakuasi WNI dari luar negeri.

Baca Juga: 11 Mitos soal Virus Corona Keliru, Tak Usah Dipercaya Lagi

“Karena transport itu lebih mudah. Kalau di Sebaru kalau malam atau ombak besar itu susah,” kata Basuki

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi mengumumkan dua pasien di Depok yang merupakan ibu dan anak terjangkit virus corona. Kasus tersebut merupakan yang pertama di Indonesia.

Kedua pasien tersebut saat ini dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso. 

Juru bicara pemerintah untuk penanganan penyakit virus corona, Achmad Yurianto, menuturkan kedua pasien tersebut dalam kondisi baik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x