Kompas TV nasional berita kompas tv

Pahami 4 Cara Penularan Virus Corona, Pastikan Kamu Aman!

Kompas.tv - 2 Maret 2020, 16:17 WIB
pahami-4-cara-penularan-virus-corona-pastikan-kamu-aman
Ilustrasi: Petugas medis membawa seorang pasien yang terinfeksi virus corona, ke rumah sakit Jinyintan, di Kota Wuhan, China, Sabtu (18/1/2020). (Sumber: AFP/STR/CHINA OUT)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Penyebaran Covid-19 atau virus corona menyita perhatian dunia. Pemerintah Indonesia pun sudah mengumumkan ada dua pasien positif terinfeksi virus corona dan saat ini dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Untuk diketahui, ada beberapa cara penularan virus corona yang perlu diketahui masyarakat Indonesia. Hal ini dimaksudkan sebagai langkah antisipasi.

Baca Juga: [FULL] Pengumuman Lengkap Jokowi Soal 2 WNI Positif Corona

Dokter Spesialis Paru Anggota Kelompok Staf Medik (KSM) Paru RSUD Dr Moewardi Surakarta, Dr dr Reviono, SpP (K), menjelaskan, setidaknya Covid-19 dapat menular dari manusia ke manusia dengan empat cara.

Berikut transmisi virus corona yang perlu diperhatikan:

  1. Via droplet saluran napas, seperti batuk dan bersih
  2. Kontak dekat personal, sebagai contoh menyentuh atau berjabat tangan
  3. Menyentuh benda atau permukaan yang terdapat virus di sana dan ketika menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan
  4. Kontaminasi feses

"Virus corona memiliki banyak rute penularan. Sebagian penularan berlangsung kuat dan cepat," kata Reviono sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Senin (2/3/2020).

Dokter yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas (UNS) Solo itu menyampaikan, penularan virus corona dari feses atau tinja memang bisa saja terjadi.

Baca Juga: Virus Corona Punya Daya Membunuh Rendah, Tapi Geraknya Cepat

Seseorang yang bersentuhan dengan kotoran ketika buang air besar (BAB) dan tidak mencuci tangan dengan bersih diketahui dapat menularkan virus tersebut.

Sebab, virus yang ada di tangan dapat menyebar ke orang lain ataupun hinggap lebih dulu di benda mati.

Antisipasi

Oleh karena itu, Reviono menganjurkan agar siapa saja untuk rajin mencuci tangan sebagai langkah antisipasi penularan virus corona.

Selain itu, dia menyarankan masyarakat senantiasa menjaga kebersihan pribadi dan tidak dulu mengonsumsi makanan ataupun minuman mentah.

Baca Juga: Mengenal RSPI Sulianti Saroso, Rumah Sakit yang Jadi Rujukan WNI Positif Virus Corona

Terkait dengan masker, menurut Reviono, tidak harus dipakai oleh semua orang untuk menghindari penularan Covid-19.

Masker hanya dianjurkan dipakai bagi mereka yang memiliki gejala penyakit menular, seperti batuk dan pilek, agar tidak menular ke orang lain.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.