Kompas TV nasional sapa indonesia pagi

Seperti Ini Proses Observasi WNI di Pulau Sebaru

Kompas.tv - 2 Maret 2020, 09:15 WIB
Penulis : Merlion Gusti

KEPULAUAN SERIBU, KOMPASTV - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, Laksamana Yudho Margono menjelaskan soal persiapan observasi 69 WNI awak Kapal Diamond Princess di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta. 

Baca Juga: BREAKING NEWS. Akhirnya 69 WNI Dari Jepang, Tiba di Bandara Kertajati

Laksamana Yudho berada di KRI Semarang mengatakan saat para WNI tersebut tiba sekitar pukul 10.00 WIB, semua sarana dan prasarana di Pulau Sebaru telah dipersiapkan.

Sarana dan prasarana yang didapat para WNI tersebut sama saja seperti 188 WNI yang telah dievakuasi sebelumnya dari Kapal World Dream, namun para pendampingnya akan berbeda.

Terkait masa karantinanya, Yudho akan menyesuaikan dari tim medis dari Kementerian Kesehatan apakah harus 14 hari atau 28 hari, yang pasti semua sarana-prasarana telah dipersiapkan agar para WNI yang diobservasi dapat mengikuti tahapan-tahapan yang ditetapkan WHO.

Baca Juga: Waspada! WHO Peringatkan Wabah Virus Corona Dapat Hidup Kembali

Ketika nanti para WNI datang juga prosesnya sama, seperti disemprotkan disinfektan, ganti baju, pemeriksaan suhu tubuh, dan memasuki ruangan observasi.

Kegiatan hariannya pun akan sama seperti observasi WNI yang dilakukan di Natuna beberapa waktu lalu. 

Mengenai fasilitasnya, gedung observasi WNI dari Kapal World Dream dan Diamond Princess akan berbeda, sehingga tidak mengganggu jalannya proses observasi yang telah dilakukan sebelumnya.

Baca Juga: Detik-detik Evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess dari Tokyo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.