Kompas TV video cerita indonesia

Keren! Beton Daur Ulang Ciptaan Mahasiswa Malang Go Internasional

Senin, 2 Maret 2020 | 08:19 WIB
Penulis : Desy Hartini

MALANG, KOMPAS.TV - Selama hampir dua tahun, tiga mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), yakni Nurman Handitya, Irfan Maulana, dan Oval Mufarid melakukan riset untuk bisa membuat beton daur ulang.

Ada sejumlah tahapan yang dilakukan untuk bisa membuat beton daur ulang. Awalnya, bongkahan beton dihancurkan secara manual. Setelah itu, beton-beton ini dimasukkan ke dalam mesin penghancur.

Setelah menjadi bongkahan kasar, beton kemudian disarung hingga mendapatkan beton dengan beragam ukuran mulai dari yang paling kasar hingga serbuk halus.

Material inilah yang nantinya akan diolah menjadi beton tanpa ada yang terbuang.

Beton daur ulang inovasi tiga mahasiswa ini diklaim bisa mengurangi penambamgan pasir dan batu di alam.

Selain itu dengan metode curva fuller, beton ini nantinya juga memiliki kekuatan yang tidak kalah dengan beton pada umumnya.

Ketiga mahasiswa ini berharap ke depannya inovasi beton daur ulang ini bisa diaplikasikan untuk pembuatan jalan.

Selain itu, inovasi ketiga mahasiswa ini juga akan mengikuti konferensi internasional Teknik Sipil Arsitek dan Teknik Lingkungan di New Zealand pada April 2020 mendatang.

#BetonDaurUlang #Malang #Inovasi


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x