Kompas TV nasional berita kompas tv

Awalnya Tugas Kuliah, Kacamata Buatan Mahasiswi Surabaya Ini Tampil di New York Fashion Week

Kompas.tv - 1 Maret 2020, 04:45 WIB
Penulis : Edika ipelona

SURABAYA, KOMPASTV - Dipamerkan dan tampil dalam ajang internasional menjadi satu prestasi yang membanggakan Ajeng Nurillah Wibowo. Karyanya memanfaatkan sampah plastik menjadi kacamata fashion tampil memukau dalam New York Fashion Week 2020.

Ide awal pembuatan kacamata berbahan daur ulang dari sampah tutup botol plastik ini diperoleh ajeng saat tugas kuliah untuk memanfaatkan daur ulang sampah menjadi aksesori atau karya fashion.

Berbekal tutup botol plastik yang sudah dikumpulkan, Ajeng kemudian membuat kacamata. Pembuatannya cukup mudah, yaitu tutup botol plastik dipotong kecil menjadi biji plastic. Selanjutnya, biji plastik dilebur menjadi papan plastik yang memiliki corak warna beragam dan menarik.
Papan plastik ini kemudian dipotong mengikuti pola desain yang telah dibuat sebelumnya. Setelah menjadi bingkai kacamata selanjutnya dipasang kaca untuk penyempurnaan akhir.

Menurut Ajeng, karyanya ini tampil dalam dua kali fashion show, yaitu pada tanggal 12 Februari di KJRI New York dan tanggal 14 Februari di Couture New York Fashion Week. Dirinya bersama enam rekannya sesama mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya berkesempatan memamerkan karya di ajang New York Fashion Week 2020.

Ke depan, Ajeng akan terus mengembangkan kacamata karyanya ini baik deri segi desain maupun bahan. Selain berencana diproduksi massal, ajeng juga akan membuat kacamata baca bagi masyarakat tidak mampu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x