Kompas TV video cerita indonesia

Potret Kemiskinan di Tengah Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Kompas.tv - 29 Februari 2020, 05:00 WIB
Penulis : Laura Elvina

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Seorang lansia 85 tahun di Pekalongan, Jawa Tengah, bernama Dasmiah, tinggal seorang diri. Di usia senjanya, nenek Dasmiah harus hidup sendiri. Bahkan untuk makan sehari-hari, Dasmiah hanya bergantung dari para tetangga, yang bergantian memberi makanan kepadanya.

Nenek Dasmiah tinggal di rumah yang sudah tidak layak lagi, karena banyak kerusakan di beberapa bagian. Dahulu, rumah yang ia tempati adalah miliknya, namun kini rumah yang ia tempati sudah dibeli oleh tetangganya. Beruntung, tetangganya masih mengizinkan nenek Dasmiah untuk menempati rumah tersebut.

Kondisi ini mengundang simpati dari sejumlah pihak, diantaranya dari komunitas facebook  Pekalongan Curhat. Sejumlah anggota dari komunitas ini mendatangi rumah Dasmiah dan memberikan sejumlah bantuan. Pemerintah atau dinas sosial setempat diharapkan agar bisa membantu nenek Dasmiah agar hidupnya bisa terurus dengan layak.

Kehidupan malang nenek Dasmiah ini sangat jauh dari cerminan ekonomi Indonesia yang diproyeksikan semakin membaik. 

Di akhir Januari 2020 lalu, Bank Indonesia (BI) menilai  ekonomi Indonesia  tahun 2020  akan tetap tumbuh positif. Pertumbuhan akan ditopang  oleh perbaikan ekspor dan konsumsi rumah tangga yang tetap membaik.

BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi  tahun 2020 meningkat dalam kisaran 5,1%-5,5%. Meski pada akhirnya BI merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun ini ada di kisaran 5%-5,4% karena adanya virus corona.

Baca Juga: Perekonomian Indonesia Berada di Peringkat 7 Dunia?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x