HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Potret Kemiskinan di Tengah Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Sabtu, 29 Februari 2020 | 05:00 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Seorang lansia 85 tahun di Pekalongan, Jawa Tengah, bernama Dasmiah, tinggal seorang diri. Di usia senjanya, nenek Dasmiah harus hidup sendiri. Bahkan untuk makan sehari-hari, Dasmiah hanya bergantung dari para tetangga, yang bergantian memberi makanan kepadanya.

Nenek Dasmiah tinggal di rumah yang sudah tidak layak lagi, karena banyak kerusakan di beberapa bagian. Dahulu, rumah yang ia tempati adalah miliknya, namun kini rumah yang ia tempati sudah dibeli oleh tetangganya. Beruntung, tetangganya masih mengizinkan nenek Dasmiah untuk menempati rumah tersebut.

Kondisi ini mengundang simpati dari sejumlah pihak, diantaranya dari komunitas facebook  Pekalongan Curhat. Sejumlah anggota dari komunitas ini mendatangi rumah Dasmiah dan memberikan sejumlah bantuan. Pemerintah atau dinas sosial setempat diharapkan agar bisa membantu nenek Dasmiah agar hidupnya bisa terurus dengan layak.

Kehidupan malang nenek Dasmiah ini sangat jauh dari cerminan ekonomi Indonesia yang diproyeksikan semakin membaik. 

Di akhir Januari 2020 lalu, Bank Indonesia (BI) menilai  ekonomi Indonesia  tahun 2020  akan tetap tumbuh positif. Pertumbuhan akan ditopang  oleh perbaikan ekspor dan konsumsi rumah tangga yang tetap membaik.

BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi  tahun 2020 meningkat dalam kisaran 5,1%-5,5%. Meski pada akhirnya BI merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun ini ada di kisaran 5%-5,4% karena adanya virus corona.

Baca Juga: Perekonomian Indonesia Berada di Peringkat 7 Dunia?

Penulis : Laura Elvina



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
10:11
BACA E-PAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   BAYERN MUENCHEN PERPANJANG MASA BAKTI PELATIH MEREKA HANSI FLICK HINGGA 2023   AJANG BALAP SEPEDA DI SWISS, TOUR DE SUISSE (TDS), DITUNDA AKIBAT ADANYA PANDEMI KORONA   JUMLAH KASUS KORONA DI AS TERTINGGI DI DUNIA MELEBIHI TIONGKOK DENGAN 275.586 KASUS, 9.707 DI ANTARANYA TELAH SEMBUH   ANGKA KEMATIAN KARENA KORONA DI ITALIA MENCAPAI 14.681 JIWA, TERTINGGI DI DUNIA   ITALIA PERPANJANG MASA KARANTINA HINGGA 13 APRIL MENDATANG   PEMPROV JAWA TIMUR SIAPKAN RP 2,3 TRILIUN UNTUK PENANGANAN KORONA   PEMKOT SEMARANG SIAPKAN 180.000 PAKET SEMBAKO UNTUK WARGA TERDAMPAK KORONA   "HOTLINE" LAYANAN PENJEMPUTAN PENDONOR OLEH PMI JAKARTA SELATAN 0831-5132-8327   PMI JAKARTA SELATAN SIAPKAN LAYANAN PENJEMPUTAN BAGI PENDONOR SELAMA MASA PANDEMI VIRUS KORONA   DISNAKERTRANS DKI MENCATAT 3.611 PEKERJA DI WILAYAH JAKARTA TERKENA PHK AKIBAT VIRUS KORONA   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR NIHAYATUL WAFIROH MEMINTA PEMERINTAH PERCEPAT MENDETEKSI VIRUS KORONA   PBNU IMBAU NAHDLIYIN UNTUK MENGIKUTI ATURAN PEMERINTAH SOAL MUDIK LEBARAN   JUMLAH KASUS POSITIF KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 1.986 JIWA, 134 DI ANTARANYA TELAH DINYATAKAN SEMBUH