HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Inovatif! Batu Bata dari Limbah Sampah

Jumat, 28 Februari 2020 | 10:00 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Melihat sampah-sampah yang berserakan membuat warga di kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur terketuk untuk memperbaiki lingkungan dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi batu bata dan paving block. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat bisa memanfaatkan sampah sebagai pendapatan tambahan sekaligus ramah lingkungan.

Sampah plastik kerap meresahkan lantaran penangan yang kurang tepat, bahkan sampah menjadi salah satu penyebab banjir saat musim hujan tiba. Namun, di mata warga di Jalan Mulawarman RT 9 Desa Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Duri, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan timur sampah bisa di jadikan sarana inovasi yang bernilai ekonomis.

Salah satunya mendaur ulang sampah pelastik menjadi batu bata dan paving blok. Tujuannya, selain bernilai ekonomis tinggi mendaur ulang sampah ini menjadikan ramah lingkungan sekitar.

Setiap 3 hari sekali, warga mengumpulkan sampah rumahan berupa pelastik yang berada di lingkungan sekitar untuk dijadikan batu bata dan paving blok.

Cara membuatnya sangat mudah. Sampah pelastik yang sudah dikumpulkan kemudian dimasukkan kedalam tempat pelebur yang sudah dipanaskan. Kemudian sampah tersebut dibakar sambil diaduk agar pelastiknya melebur dan menjadi cairan.

Penulis : Sadryna Evanalia



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
15:32
CEGAH PENYEBARAN KORONA, PEMKAB MAGELANG DIRIKAN POSKO TERPADU DI SEJUMLAH TERMINAL UNTUK PANTAU ARUS PEMUDIK   PSHK MEMINTA PRESIDEN JOKOWI TETAPKAN STATUS DARURAT KESEHATAN TERKAIT PANDEMI VIRUS KORONA DI INDONESIA   MENTERI ERICK THOHIR: DANA BUMN YANG DIGUNAKAN MUDIK GRATIS AKAN DIALIHKAN UNTUK PENANGANAN VIRUS KORONA   MENTERI ERICK THOHIR BATALKAN SELURUH KEGIATAN MUDIK GRATIS YANG DIADAKAN PERUSAHAAN BUMN   BNPB REKRUT 5.816 RELAWAN PERCEPATAN PENANGANAN VIRUS KORONA DARI SEJUMLAH DAERAH    PANGKOGABWILHAN I: PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT DARURAT KORONA DI PULAU GALANG, KEPRI, MENCAPAI 91 PERSEN   RUMAH SAKIT DARURAT KORONA WISMA ATLET KEMAYORAN TELAH TANGANI 387 PASIEN PER 29 MARET 2020   PEMKAB MAGELANG DIRIKAN POSKO TERPADU DI PERBATASAN UNTUK ANTISIPASI KEDATANGAN PEMUDIK DARI LUAR DAERAH   KEMENAG PINJAMKAN ASRAMA HAJI DI SEJUMLAH DAERAH SEBAGAI RUMAH SAKIT DARURAT PENANGANAN PASIEN KORONA   WAKAPOLRI MINTA JAJARANNYA MELAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN SECARA MASSAL & SERENTAK PADA 31 MARET 2020   PEMKAB JEMBER TETAPKAN WILAYAHNYA SEBAGAI DAERAH DENGAN STATUS KEJADIAN LUAR BIASA    WALI KOTA JAKBAR RUSTAM EFFENDI INGATKAN WARGA TUNDA SHALAT BERJEMAAH AGAR KEJADIAN ISOLASI MASJID TAK TERULANG   SUDINSOS JAKBAR AKAN MENANGGUNG KONSUMSI RATUSAN JEMAAH YANG DIISOLASI DI MASJID JAMMI DI TAMAN SARI, KEBON JERUK   RATUSAN ORANG YANG MASIH DIISOLASI DI MASJID JAMMI KEBON JERUK, TAMAN SARI, JAKBAR, DIDOMINASI OLEH WNA