Kompas TV video cerita indonesia

Arab Saudi Hentikan Visa Umrah, Jamaah Pasrah

Kompas.tv - 27 Februari 2020, 22:54 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan aturan mengenai penangguhan sementara izin visa untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi. Kebijakan tersebut berlaku mulai Kamis (27/2/2020), sebagai kebijakan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Kondisi ini membuat ribuan jamaah umrah Indonesia batal melaksanakan ibadah umrah. Pada Kamis (27/2/2020), ribuan jamaah umrah tertahan di Bandara Soekarno Hatta.

Rombongan umrah tampak memenuhi kursi-kursi di ruang tunggu. Mereka sudah siap berangkat lengkap dengan seragam dari biro umrah masing-masing. Tas mereka diletakkan di dekat bangku masing-masing.

Para lansia yang menjadi jemaah umrah terlihat mengobrol dengan rekan mereka atau tidur di bangkunya. Jemaah banyak yang lelah dan tertidur di lantai. Beberapa kali, petugas terlihat menegur jemaah untuk tidak menggunakan lantai sebagai tempat tidur.

Meski batal berangkat, banyak dari jamaah yang akhirnya mengaku pasrah dan menunggu kepastian selanjutnya. Namun ada juga yang meminta pemerintah Indonesia memberikan kompensasi bagi mereka, terlebih bagi mereka yang sudah jauh-jauh datang dari daerah untuk menunaikan ibadah umrah.

Baca Juga: 151 Jemaah Asal Palembang Batal Umrah dan Tertahan di Singapura



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x