Kompas TV nasional berita kompas tv

151 Jemaah Asal Palembang Batal Umrah dan Tertahan di Singapura

Kompas.tv - 27 Februari 2020, 22:06 WIB
151-jemaah-asal-palembang-batal-umrah-dan-tertahan-di-singapura
Jemaah Menunggu Kepastian Keberangkatan Menuju Arab Saudi, di Bandara Internasional Juanda, Kamis (27/02/2020) (Sumber: KompasTV)
Penulis : Johannes Mangihot

PALEMBANG, KOMPASTV - Sebanyak 151 jemaah umrah asal Palembang tertahan di Bandara Changi, Singapura, Kamis (27/2/2020).

Mereka tidak bisa ke tanah suci karena adanya kebijakan pemerintah Arab Saudi menangguhkan visa turis terkait merebaknya Virus Corona.

Para jemaah umrah tersebut diberangkatkan oleh Prabu Tour Palembang dan berasal dari lima agen perjalanan, yakni Prabu Tour, Minna Tour, MIM Tour, ASQ Travel dan Baitussalam Mandiri. Penerbangan 151 jemaah umrah tersebut menggunakan maskapai penerbangan Scoot Airline.

Baca Juga: Akibat Virus Corona, Arab Saudi Menghentikan Sementara Kedatangan Jemaah Umrah

Tour Leader Prabu Travel Eef Romain menjelaskan pihaknya baru mendapat kabar penangguhan visa bagi jemaah umrah setelah pesawat take off. 

Rombongan tiba di Singapura pada pukul 11.00 waktu setempat dan tidak bisa melanjutkan penerbangan ke Mekah.

Meski batal melanjutkan penerbangan, pihak maskapai memberikan kompensasi kepada 131 jemaah umrah asal Palembang agar tidak terkatung-katung di Bandara.

Rombongan jemaah, sambung Romain, mendapat makan empat kali dan kamar hotel untuk menginap. Untuk dari pihak hotel di Arab juga sudah dikonfirmasi dan memberi konfirmasi penjadwalan ulang.

Baca Juga: Presiden Jokowi Angkat Bicara Soal Arab Setop Umrah

"Seluruh jemaah umrah akan terbang kembali ke Indonesia pada Jumat (27/2/2020) pukul 17.50 waktu Singapura," ujar Romain seperti dikutip Kompas.com, Kamis (27/2/2020).

Penyebaran Virus Corona antar negara membuat otoritas kesehatan Arab Saudi menutup wisatawan dan jemaah umrah yang datang. Pemerintah Arab menangguhkan visa umrah, dan visa turis. Khususnya visa turis yang datang dari negara-negara dengan kasus virus corona. 

Tindakan tersebut dilakukan sebagai langkah pencegahan serta perlindungan terbaik bagi keselamatan warga dan setiap orang yang berniat mengunjungi Arab Saudi, baik untuk tujuan umrah maupun wisata.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x