HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Pasca Izin Umroh Distop Pemerintah Arab Saudi, Jamaah yang Batal Berangkat Harus Bayar Lagi?

Kamis, 27 Februari 2020 | 22:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan kebijakan menghentikan sementara kegiatan umrah dari seluruh dunia termasuk dari Indonesia demi mencegah penyebaran virus corona.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama, Arfi Hatim menegaskan jika Pemerintah Arab Saudi ini memberlakukan tidak hanya ke Indonesia saja mnelainkan juga ke bebAerapa Negara lainnya.

Selain itu, Arfi Hatim juga menyampaikan jika Pemerintah Indonesia saat ini sedang melobi Pemerintah Arab Saudi agar diberikan pengecualian untuk para jamaah asal Indonesia dikarenakan hingga saat ini Indonesia merupakan salah satu negara yang WNI didalamnya masih negatif terhadap virus corona.

Dalam waktu dekat, akan diundang seluruh maskapai yang menampung keberangkatan dan juga sejumlah asosiasi dan para travel agent sebagai penyelenggara haji serta umroh.

Ketua Umum Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Baluki Ahmad, terkait kelanjutan nasib jemaah saat ini, Pemerintah masih merumuskan apakah jemaah ini akan ditampung sementara sambil menunggu kepastian atau dikembalikan ke tempat asalnya masing-masing.

Sekretaris Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah, Muharom Ahmad menyebutkan penyelenggaraan umrah di Mekkah dan Madinah saat ini masih berjalan dengan baik. 

Muharom Ahmad menegaskan jika banyaknya informasi yang melenceng terkait penghentian izin umroh ini yang menyebutkan jika virus corona sedang menyebar di Arab Saudi, pasalnya harus ditegaskan lebih dahulu jika memang  

 

Penulis : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
21:43
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB   BACA EPAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   KEMENKOP & UKM AJAK PELAKU KOPERASI DAN UMKM MEMPRODUKSI MASKER KAIN DI TENGAH PANDEMI KORONA   PEMKOT TANGSEL SIAPKAN RP 100 MILIAR UNTUK PENANGANAN KORONA   WALI KOTA DEPOK SEBUT BERKAS USULAN PSBB UNTUK WILAYAHNYA SUDAH LENGKAP   WALI KOTA DEPOK M IDRIS USULKAN PSBB DI BODEBEK AGAR PEMBATASAN ANGKUTAN UMUM TERINTEGRASI   BLUE BIRD BATASI KAPASITAS PENUMPANG HANYA 50% SAAT PSBB DIBERLAKUKAN DI JAKARTA   GRAB INDONESIA MINTA LAYANAN TRANSPORTASI RODA 2 TETAP DIPERBOLEHKAN ANGKUT PENUMPANG SAAT PSBB DI JAKARTA   OPERASIONAL KERETA BANDARA SOEKARNO-HATTA DAN KUALANAMU DIHENTIKAN SEMENTARA MULAI 12 APRIL-31 MEI 2020   RUAS TOL JORR SEKSI S, JAKARTA, DISEMPROT DISINFEKTAN UNTUK CEGAH PENYEBARAN KORONA   KEMENTERIAN PPPA BELUM MEMILIKI DATA JUMLAH ANAK-ANAK YANG TERPAPAR VIRUS KORONA   PEMERINTAH MENGGESER CUTI BERSAMA HARI RAYA IDUL FITRI DARI MEI 2020 KE DESEMBER 2020 AKIBAT PANDEMI KORONA   PEMERINTAH TELAH MENGANGGARKAN RP 405,1 TRILIUN UNTUK PENANGANAN KORONA