HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Waduh! Izin Umroh Distop Pemerintah Arab Saudi, Bagaimana Nasib Para Jemaah?

Kamis, 27 Februari 2020 | 21:37 WIB

KOMPAS.TV -  Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan kebijakan menghentikan sementara kegiatan umrah dari seluruh dunia termasuk dari Indonesia demi mencegah penyebaran virus corona.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama, Arfi Hatim menegaskan jika Pemerintah Arab Saudi ini memberlakukan tidak hanya ke Indonesia saja mnelainkan juga ke beberapa Negara lainnya. 

Selain itu, Arfi Hatim juga menyampaikan jika Pemerintah Indonesia saat ini sedang melobi Pemerintah Arab Saudi agar diberikan pengecualian untuk para jamaah asal Indonesia dikarenakan hingga saat ini Indonesia merupakan salah satu negara yang WNI didalamnya masih negatif terhadap virus corona.

Ketua Umum Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji  Baluki Ahmad, terkait kelanjutan nasib jemaah saat ini, Pemerintah masih merumuskan apakah jemaah ini akan ditampung sementara sambil menunggu kepastian atau dikembalikan ke tempat asalnya masing-masing.

Sekretaris Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah, Muharom Ahmad menyebutkan penyelenggaraan umrah di Mekkah dan Madinah saat ini masih berjalan dengan baik.

Pemerintah Arab Saudi menghentikan izin umroh ini bukan karena adanya positif suspect di Arab, melainkan untuk mencegah penyebaran virus corona yang bisa saja datang dari Warga Negara lainnya. 
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
20:05
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB   BACA EPAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   DITOLAK DI MAUMERE, ANAK BUAH KAPAL MOTOR LAMBELU DIKARANTINA DI PERAIRAN MAKASSAR, SULAWESI SELATAN   KADINKES NTB MINTA WARGA TIDAK MENGUCILKAN PASIEN YANG SEMBUH DARI VIRUS KORONA   PEMPROV KALIMANTAN SELATAN BERI BANTUAN BAHAN POKOK SENILAI RP 200.000 KEPADA PEKERJA TERDAMPAK KORONA    POLDA JAWA BARAT SEBUT SELURUH POLRES WAJIB PATROLI MALAM BERSKALA BESAR   PEMKOT BANDUNG KESULITAN MENDAPATKAN ALAT PELINDUNG DIRI BAGI TENAGA KESEHATAN YANG TANGANI PASIEN KORONA    DISHUB KOTA BOGOR BAGIKAN MASKER KE PENGEMUDI UNTUK CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   PEMPROV DKI DISTRIBUSIKAN BANTUAN BAHAN POKOK KEPADA 1,3 JUTA KELUARGA PADA TAHAP PERTAMA SAAT PENERAPAN PSBB   PT KAI BANTAH BATALKAN SEMUA PERJALANAN DI JAKARTA SELAMA PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO TEGASKAN ASN YANG MUDIK KENA SANKSI, TAK NAIK GAJI HINGGA TURUN PANGKAT   KEMENKES IMBAU MASYARAKAT DAN FASILITAS KESEHATAN YANG BUAT APD UNTUK IKUTI ATURAN DAN SPESIFIKASINYA   KOMNAS HAM MINTA PEMERINTAH LEBIH GENCAR SOSIALISASIKAN PROSES PEMAKAMAN JENAZAH KORONA