Kompas TV TALKSHOW rosi

Aktivis: Negara Tidak Boleh Pidanakan Orientasi Seksual - ROSI (Bag4)

Kompas.tv - 27 Februari 2020, 23:15 WIB

Yang juga ramai dibincangkan dalam RUU Ketahanan Keluarga adalah pasal yang memuat tentang penyimpangan seksual, seperti dalam pasal 74, 85-89. Dalam penjelasan pasal 85, salah satu penyimpangan seksual yang dimaksud adalah menyukai sesama jenis atau homo seksual.

Menurut aktivis perempuan, Valentina Sagala, homoseksual adalah orientasi seksual, dan  negara seharusnya tidak boleh memidanakan orientasi seksual. Negara baru bisa memidana jika itu menyangkut perbuatan yang melanggar hukum, tanpa melihat apakah pelaku itu hetero seksual atau homo seksual.

Sebelumnya dalam penjelasan pasal 85, disebutkan jenis-jenis penyimpangan seksual meliputi sadisme, mashocisme, homosex - lesbian, dan incest. Dalam RUU juga diatur bagaimana kewajiban keluarga untuk menjaga anggotanya dari penyimpangan seksual, memberikan rehabilitasi, sampai mewajibkan pihak keluarga untuk melaporkan anggota keluarga  yang memiliki penyimpangan seksual.

Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan penyimpangan seksual? Tepatkah untuk mengkategorikan LGBTQ dalam penyimpangan seksual? 

Dr. Dharmawan A. Purnama, Sp.KJ , Psikiater  dari Seksi Psikoseksual & Marital PDSKJI menjawabnya hanya di ROSI episode Ketika Negara Mengatur Keluarga, tayang 27 Februari 2019, pukul 20.00 WIB di Kompas TV. Bersama Netty Prasetiyani (Pengusul RUU Ketahanan Keluarga dari  Fraksi PKS), Maria Ulfah Anshor (Anggota Komnas Perempuan), Valentina Sagala (Aktivis / Pendiri Institut Perempuan), Indra Kusuma (Dosen Psikologi Universitas Mercu Buana), Effie Putri Adji (Anggota Single Mom Indonesia), Riska Carolina, (Spesialis Advokasi & Kebijakan Publik PKBI), dan dr. Dharmawan A. Purnama, Sp.KJ , Psikiater  dari Seksi Psikoseksual & Marital PDSKJI. 

Jangan lewatkan dialog seru lainnya di program ROSI setiap hari Kamis pukul 20.00 WIB hanya di @kompastv. Independen Tepercaya
Dan follow akun Instagram talkshow ROSI @rosi_kompastv
juga Twitter di @Rosi_KompasTV.

Ingin menonton ROSI langsung di Studio 1 Menara Kompas? Kirimkan email ke [email protected] atau DM ke akun instagram ROSI (@rosi_kompastv) dengan format daftar(spasi)tanggal live(spasi)nama(spasi)no telepon

 

#TalkshowRosi #RosiKompasTV #ROSI #RUUKetahananKeluarga



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.