Kompas TV nasional berita kompas tv

8 WNI Positif Corona di Kapal Diamond Princess Tak Ikut Pulang Tetap Dirawat di Jepang

Kompas.tv - 27 Februari 2020, 18:46 WIB
8-wni-positif-corona-di-kapal-diamond-princess-tak-ikut-pulang-tetap-dirawat-di-jepang
Menteri Kesehatan Terawan Agus saat diwawancarai oleh media di Halim Perdanakusuma (15/2/2020) (Sumber: KOMPASTV)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Delapan WNI Kru Kapal Diamond Princess yang positif terinfeksi Virus Corona tidak akan dipulangkan ke Indonesia. 

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menjelaskan delapan WNI tersebut akan tetap dirawat di rumah sakit di Jepang hingga sembuh.

Meski mendapat perawatan di Jepang, pemerintah melalui KBRI Tokyo tetap memonitor delapan WNI tersebut. Di sisi lain, menurut Terawan dari segi teknologi serta fasilitas kesehatan, perawatan yang diberikan terhadap WNI kapal Diamond Princess lebih memumpuni dari RS di Indonesia.

Baca Juga: Menkes Terawan Yakin 9 WNI ABK Diamond Princess Dapat Perawatan Baik di Jepang

"Kan dirawat di Jepang. Biar sampai sembuh di sana baru kita bawa. Namanya orang sakit kan enggak boleh keluar," ujar Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Terawan menambahkan dari 78 WNI yang berada di Kapal Diamond Princess, 68 akan dievakuasi ke tanah air. Sementara dua orang lainnya menolak untuk dievakuasi.

Proses evakuasi akan sama seperti menjemput 238 WNI dari Wuhan, yakni menggunakan pesawat berbadan lebar dengan penerbangan langsung.

Sejauh ini, sambung Terawan, pemerintah masih berkoordinasi dengan pemerintah Jepang untuk menjadwal evakuasi 68 WNI tersebut.

Baca Juga: Menlu Retno : Total Ada 68 Yang Dievakuasi Dari Diamond Princess

"Begitu slot (penerbangan) dibuka, akan kita terbangkan," ujar Terawan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x