Kompas TV nasional indonesia update

Akibat Virus Corona, Arab Saudi Menghentikan Sementara Kedatangan Jemaah Umrah

Kompas.tv - 27 Februari 2020, 18:50 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

JAKARTA, KOMPAS.TV - Untuk mencegah penyebaran virus Corona baru, atau Covid-19 , pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara kedatangan jemaah Umrah, dari luar negaranya.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyampaikan, bahwa akses masuk ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah Umrah, maupun mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah, saat ini dihentikan sementara.

Arab Saudi juga tidak menerima kunjungan oleh pemilik visa kunjungan dari negara-negara yang terkonfirmasi wabah virus Corona.

Pemakaian kartu identitas Saudi Arabia sebagai pengganti paspor, oleh warga negara Arab Saudi dan negara-negara anggota Dewan Kerja Sama Teluk, juga dihentikan sementara.

Di Bandung, Jawa Barat, sebanyak 350 jemaah Umrah dari travel perjalanan Umrah dan Wakaf Permata Shafwah Bandung , terpaksa batal berangkat.

Tiga pemberangkatan pada bulan Maret 2020 dan pemberangkatan di bulan selanjutnya, harus tertahan, menunggu perkembangan dari Kementerian Agama dan Pemerintah Arab Saudi.

Sementara itu, persaudaraan pengusaha Umrah dan Haji Solo, Jawa Tengah, mengatakan penghentian Umrah sementara dari pemerintah Arab Saudi, bisa berdampak luas .

Tak hanya kepada biro umroh dan haji, tetapi juga ke jemaah yang sudah melunasi biaya umrah.

Potensi kerugian terbesar, akan dialami oleh biro perjalanan umrah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x