HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Umrah Disetop, Visa Jemaah Akan Ditangguhkan

Kamis, 27 Februari 2020 | 13:35 WIB

JAKARTA, KOMPASTV – Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk menunda visa kunjungan umrah ke negaranya.

Pelarangan ini untuk mencegah penyebaran virus corona.

Menurut Menko PMK Muhadjir Effendy  pelarangan ini sifatnya sementara.

“ada beberapa negara dilarang termasuk Indonesia. Larangan sementaraWaktunya gak ada, dari pemerintah Arab Saudi, tidak ada itu (waktu) sifatnya sementara. Bagi mereka dipandang baik akan diberi tahu lagi.” Ujar Muhadjir saat diwawancara pada Kamis (27/02/2020).

Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk kementerian agama untuk memastikan dan menghubungi kedutaan Arab Saudi untuk meminta kepastian.

Menurutnya nasib dari para jemaah yang sudah terjadwal berangkat dalam waktu dekat, maka visa mereka akan ditangguhkan.

Karena mau tidak mau, Indonesia dan negara-negara lain juga harus menghormati keputusan dari pemerintah Arab Saudi.

“Mohon kesabarannya yang alami ketangguhan. Umroh itu kan ibadah, ibadah harus ikhlas, kalau memaksakan diri namanya gak baik. Ibadah kok ngotot. Kalau di sana lagi ditutup mohon sabar. Pemerintah akan bicara langsung dengan Pemerintah Arab Saudi.”ujar Muhadjir.

 

Penulis : Yuilyana



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
10:01
BACA E-PAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   BAYERN MUENCHEN PERPANJANG MASA BAKTI PELATIH MEREKA HANSI FLICK HINGGA 2023   AJANG BALAP SEPEDA DI SWISS, TOUR DE SUISSE (TDS), DITUNDA AKIBAT ADANYA PANDEMI KORONA   JUMLAH KASUS KORONA DI AS TERTINGGI DI DUNIA MELEBIHI TIONGKOK DENGAN 275.586 KASUS, 9.707 DI ANTARANYA TELAH SEMBUH   ANGKA KEMATIAN KARENA KORONA DI ITALIA MENCAPAI 14.681 JIWA, TERTINGGI DI DUNIA   ITALIA PERPANJANG MASA KARANTINA HINGGA 13 APRIL MENDATANG   PEMPROV JAWA TIMUR SIAPKAN RP 2,3 TRILIUN UNTUK PENANGANAN KORONA   PEMKOT SEMARANG SIAPKAN 180.000 PAKET SEMBAKO UNTUK WARGA TERDAMPAK KORONA   "HOTLINE" LAYANAN PENJEMPUTAN PENDONOR OLEH PMI JAKARTA SELATAN 0831-5132-8327   PMI JAKARTA SELATAN SIAPKAN LAYANAN PENJEMPUTAN BAGI PENDONOR SELAMA MASA PANDEMI VIRUS KORONA   DISNAKERTRANS DKI MENCATAT 3.611 PEKERJA DI WILAYAH JAKARTA TERKENA PHK AKIBAT VIRUS KORONA   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR NIHAYATUL WAFIROH MEMINTA PEMERINTAH PERCEPAT MENDETEKSI VIRUS KORONA   PBNU IMBAU NAHDLIYIN UNTUK MENGIKUTI ATURAN PEMERINTAH SOAL MUDIK LEBARAN   JUMLAH KASUS POSITIF KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 1.986 JIWA, 134 DI ANTARANYA TELAH DINYATAKAN SEMBUH