HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

Kemendikbud: Kritik Revitalisasi Monas Adalah Bentuk Kepedulian Cagar Budaya

Kamis, 27 Februari 2020 | 12:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menurunkan timnya dalam komisi pengarah yang akan mengatur perizinan revitalisasi cagar budaya, menyusul upaya revitalisasi Monas untuk ajang Formula E yang menuai kontroversi.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid menyatakan, saat ini soal perizinan revitalisasi Monas tengah dibahas dan dikaji oleh komite pengarah dan tim ahli.

Menurut hIlmar, Perubahan Tata Ruang dan Revitalisasi Monas perlu berpegang pada Undang-undang Cagar Budaya.

Perdebatan di masyarakat mengenai kebijakan Pemprov DKI jakarta dianggap lumrah sebagai wujud kepedulian warga terhadap situs budaya yang ada di Jakarta.

Sebelumnya, Gubernur Anies Baswedan mendapat kritikan terkait kebijakannya merevitalisasi kawasan Monas untuk perhelatan balap Formula E Juni mendatang.

Sejumlah pihak mengkritik Anies yang ingin mengubah bangunan yang memiliki nilai sejarah dan mengganggu yang sifatnya cagar budaya.

Penulis : Reny Mardika



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
09:57
BACA E-PAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   BAYERN MUENCHEN PERPANJANG MASA BAKTI PELATIH MEREKA HANSI FLICK HINGGA 2023   AJANG BALAP SEPEDA DI SWISS, TOUR DE SUISSE (TDS), DITUNDA AKIBAT ADANYA PANDEMI KORONA   JUMLAH KASUS KORONA DI AS TERTINGGI DI DUNIA MELEBIHI TIONGKOK DENGAN 275.586 KASUS, 9.707 DI ANTARANYA TELAH SEMBUH   ANGKA KEMATIAN KARENA KORONA DI ITALIA MENCAPAI 14.681 JIWA, TERTINGGI DI DUNIA   ITALIA PERPANJANG MASA KARANTINA HINGGA 13 APRIL MENDATANG   PEMPROV JAWA TIMUR SIAPKAN RP 2,3 TRILIUN UNTUK PENANGANAN KORONA   PEMKOT SEMARANG SIAPKAN 180.000 PAKET SEMBAKO UNTUK WARGA TERDAMPAK KORONA   "HOTLINE" LAYANAN PENJEMPUTAN PENDONOR OLEH PMI JAKARTA SELATAN 0831-5132-8327   PMI JAKARTA SELATAN SIAPKAN LAYANAN PENJEMPUTAN BAGI PENDONOR SELAMA MASA PANDEMI VIRUS KORONA   DISNAKERTRANS DKI MENCATAT 3.611 PEKERJA DI WILAYAH JAKARTA TERKENA PHK AKIBAT VIRUS KORONA   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR NIHAYATUL WAFIROH MEMINTA PEMERINTAH PERCEPAT MENDETEKSI VIRUS KORONA   PBNU IMBAU NAHDLIYIN UNTUK MENGIKUTI ATURAN PEMERINTAH SOAL MUDIK LEBARAN   JUMLAH KASUS POSITIF KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 1.986 JIWA, 134 DI ANTARANYA TELAH DINYATAKAN SEMBUH