Kompas TV religi beranda islami

Robin Hood Tanah Jawa

Kompas.tv - 26 Februari 2020, 22:34 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Saat musim kemarau berlangsung cukup panjang banyak hasil bumi masyarakat yang gagal panen, Di waktu yang bersamaan, kerajaan sedang membutuhkan dana yang cukup besar untuk menjalankan roda pemerintahan. Sehingga akhirnya pada waktu itu rakyat jelata diharuskan membayar pajak tinggi.

Melihat keadaan ini Raden Sahid yang kemudian dikenal dengan nama Sunan Kalijaga merasa harus membantu rakyat, tanpa berpikir panjang Raden sahid beberapa kali mencuri hasil bumi yang tersimpan di gudang penyimpanan istana ayahnya yang merupakan hasil dari upeti rakyat jelata yang akan disetorkan atau diberikan ke pemerintah pusat.

Naas suatu hari para penjaga gudang berhasil memergoki aksi pencurian Raden Sahid hingga ia ditangkap dan dibawa kehadapan ayahnya.

Ayahnya yang geram atas kelakuan Raden sahid menghadiahi hukuman cambuk dan mengusirnya karena beliau telah mencuri. Namun peristiwa ini tak membuat Raden Sahid jera, ia kembali meningkatkan misinya untuk merampok keluar istana dan memutuskan targetnya hanyalah orang-orang kaya yang pelit 

Hasil aksinya di luar istana dibagikan kepada para rakyat jelata,.
Dalam melakukan aksinya Raden Sahid ini selalu menggunakan pakaian serba hitam dari atas sampai bawah serta memakai topeng untuk menyembunyikan identitasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.