Kompas TV klik360 cerita indonesia

FULL! BASUKI : Pemerintah Kucurkan Rp 6 Triliun Untuk Banjir

Rabu, 26 Februari 2020 | 19:05 WIB

JAKARTA, KOMPASTV - Usai Menghadiri RDP Komisi V DPR RI yang akhirnya ditunda karena ketidakhadiran 3 gubernur.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memaparkan konsep penanganan banjir.

Menurutnya penanganan banjir di Jakarta tak semata-mata hanya dibebankan pada gubernur.

Dirinya sebagai Menteri PUPR merasa turut andil dalam mendetailkan masalah banjir, termasuk persoalan sungai.

Basuki menilai persoalan banjir bukan karena batasan administrasi, melainkan pekerjaan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah.

Baca Juga: DPR Tunda Rapat Penangaan Banjir sampai Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Wahidin Halim Hadir

Maka dari itu dari pemerintah pusat kini tengah mentenderkan pompa di kali Sentiong, yang masuk dalam ranah APBN.

“Kami sekarang mentenderkan masang pompa di kali sentiong, itu APBN. Ini jakarta ibu kota negara, jangan dipecah2 kewenangan, saya gak suka. Jadi tanggung jawab kalau ada banjir di jakarta.” Ujar Basuki saat diwawancara usai rapat dengar pendapat di DPR RI.

Lebih lanjut ia juga memaparkan bahwa kondisi banjir sudah terjadi di banyak tempat, tidak hanya di Jakarta.

“Dimana-mana banjir, seperti Sampang, Pasuruan, Langkat juga banjir, artinya sudah terjadi kerusakan lingkungan. Pak presiden bentuk yayasan vetiver untuk menanam vetiver menahan longsoran, seperti di Sukajaya di waduk Wonogiri, ditanam penghijauan.”kata Basuki

Untuk itu pemerintah pun telah mengucurkan dana sekitar Rp 6 triliun untuk penanganan banjir di seluruh wilayah.

Kemudian terkait banjir Jakarta, Basuki pastikan hingga kini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terus berkoordinasi dengan pihaknya terkait banjir.

Baca Juga: Mangkir Rapat Bahas Banjir, ke Mana Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Wahidin?

Ia menepis adanya kerenggangan komunikasi antara pemprov dengan pemerintah pusat terkait penanganan banjir ini.

Editor : Yuilyana



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:13
WEBINAR MENULIS, MENERBITKAN, DAN MEMASARKAN BUKU BERSAMA EKO PRABOWO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID    PM INGGRIS BORIS JOHNSON SEBUT PEMBUKAAN SEKOLAH PADA AWAL SEPTEMBER 2020 SEBAGAI PRIORITAS NASIONAL   PM INGGRIS BORIS JOHNSON MINTA SEKOLAH DIBUKA KEMBALI PADA SEPTEMBER 2020   IMBAS DARI SANKSI AS, PRODUKSI "CHIPSET" UNTUK PONSEL HUAWEI AKAN BERHENTI 15 SEPTEMBER 2020   BPBD: JUMLAH BENCANA ALAM PADA PERIODE 1 JANUARI HINGGA 9 AGUSTUS 2020 MENCAPAI 1.771 KEJADIAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI OPTIMISTIS PROYEK PELABUHAN PATIMBAN DI SUBANG, JABAR, TAHAP I BISA SELESAI PADA OKTOBER 202   UNJUK RASA PADA 14 & 16 AGUSTUS DI GEDUNG DPR BERTUJUAN AGAR PEMBAHASAN “OMNIBUS LAW” RUU CIPTA KERJA DIHENTIKAN   KELOMPOK MASYARAKAT SIPIL AKAN MELAKUKAN UNJUK RASA PADA 14 & 16 AGUSTUS 2020 DI DEPAN GEDUNG DPR   POLISI SEBUT TERSANGKA KASUS FETISH KAIN JARIK MENGAKU ADA 25 ORANG YANG JADI KORBAN SEJAK 2015 HINGGA SAAT INI   BPBD JEMBER: SEORANG PELAJAR SMAN TENGGARANG YANG JATUH DI GUNUNG PIRAMID DITEMUKAN MENINGGAL DUNIA HARI INI   BASARNAS: OPERASI PENCARIAN WARGA AS YANG HILANG DI TELUK AMBON DIPERLUAS HINGGA 400 METER   PEMKAB PONOROGO TUTUP SEMENTARA PUSKESMAS WRINGINANOM SELAMA 10 HARI KE DEPAN KARENA EMPAT PEGAWAI POSITIF KORONA   PSBB DI TANGERANG RAYA KEMBALI DIPERPANJANG DUA PEKAN KE DEPAN HINGGA 22 AGUSTUS 2020   KEMDIKBUD ALOKASIKAN DANA SEBESAR RP 405 MILIAR UNTUK PENANGANAN KORONA