Kompas TV video cerita indonesia

Pemerintah Pastikan Anak WNI Eks ISIS Dipulangkan ke Indonesia

Kompas.tv - 26 Februari 2020, 08:42 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menko Polhukam Mahfud MD memastikan pemerintah akan memulangkan anak-anak eks ISIS akan dibawa pulang ke Indonesia. Anak-anak yang dipulangkan adalah anak yatim piatu yang berusia di bawah 10 tahun.

Pertimbangan pemerintah, anak-anak berusia di bawah 10 tahun masih mudah dipulihkan meski sudah terpapar paham ISIS. Setelah didata, nantinya anak yatim piatu eks ISIS akan dicarikan tempat tinggal oleh Negara atau dikembalikan ke kerabat anak-anak tersebut.

"Sekarang sudah mulai diidentifikasi bagaimana apakah ada orang tuanya atau tidak. Anak-anak kecil sekarang yang ada di camp-camp pengungsian itu dilihat di data yang diduga atau diketahui sebagai WNI mulai di data. Yang di bawah 10 tahun apakah ada orangtuanya atau enggak. Itu dulu yang penting sekarang sedang dimulai langkah awal," jelas Menko Polhukam Mahfud MD.

Mahfud MD juga menjelaskan memang hanya yang di bawah 10 tahun akan dipulangkan dengan asumsi seumpamanya sudah terpengaruh namun masih bisa diperbaiki karena masih kecil.

Terkait dengan pengawasan pemerintah sudah memikirkan hal tersebut dan tak ingin membuat anak-anak kecil tersebut stress nantinya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x