HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Jakarta dan Sekitarnya Banjir, Inilah 4 Faktor Penyebab Timbulnya Penyakit Pascabanjir

Selasa, 25 Februari 2020 | 19:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada saat ini, beberapa wilayah Indonesia sedang dilanda cuaca ekstrem. Salah satu yang paling mencuri perhatian adalah banjir di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya yang terjadi hari ini, Selasa (25/2/2020).

Akibatnya, beberapa permukiman pun terendam dan beberapa ruas jalan hingga jalan tol tergenang sehingga tak dapat dilalui.

Bahkan, kompleks istana kepresidenan pun sempat kebanjiran.

Baca Juga: 74 WNI di Diamond Princess Minta Dijemput Jokowi: Kami Seperti Dibunuh Pelan-pelan...

Menurut BMKG, penyebab cuaca ekstrem ini adalah Eks-Siklon Tropis Esther dan Siklon Tropis Ferdinand. Keduanya berpengaruh terhadap kondisi curah hujan lebat dan gelombang tinggi di beberapa wilayah Indonesia.

Hal itulah yang menjadi penyebab hujan berintensitas sedang hingga lebat dengan durasi yang cukup lama yang turun pada Selasa (25/2/2020) dini hari hingga Selasa (25/02/2020) pagi.

Ada sejumlah faktor penyebab timbulnya penyakit pascabanjir, yakni kondisi pengungsian yang padat, kesulitan mencari air bersih, membusuknya sampah akibat belum adanya pengangkutan sampah oleh petugas, hingga stres kehilangan harta benda dan sanak saudara.

Baca Juga: [GRAFIS] Inilah Beda Cara Ahok dan Anies Baswedan Mengatasi Banjir di Jakarta...

Berikut ini adalah sejumlah penyakit yang dapat terjadi pascabanjir: 

  • Leptospirosis
  • Kolera
  • Diare
  • Malaria
  • ISPA
  • DBD
  • Typhoid
  • Hepatitis A
  • Penyakit kulit
  • Malnutrisi (kurang gizi)
  • Campak 
  • Gangguan jiwa

#Banjir #BanjirJakarta #AniesBaswedan 

Penulis : Desy Hartini



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
19:31
ADA 1.677 KASUS POSITIF KORONA DI INDONESIA, 103 DI ANTARANYA TELAH DINYATAKAN SEMBUH   BACA E-PAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH SATU VISI DALAM MENANGANI PANDEMI VIRUS KORONA   PRESIDEN JOKOWI PASTIKAN FASILITAS ISOLASI DI PULAU GALANG, BATAM, BEROPERASI PADA 6 APRIL 2020   WAKIL BUPATI LUWU TIMUR, SULSEL, IRWAN BACHRI SYAM SUMBANGKAN SELURUH GAJINYA UNTUK TANGGULANGI KORONA   OJK INGATKAN KEPADA INDUSTRI KEUANGAN TIDAK MENGAMBIL KEUNTUNGAN ATAS KONDISI YANG TERJADI AKIBAT KORONA   MENKEU SRI MULYANI SUNTIK DANA RP 3 TRILIUN KE BPJS KESEHATAN UNTUK BISA SEGERA BAYAR TAGIHAN RS   KEMENTERIAN ESDM: PELANGGAN LISTRIK PRABAYAR GOLONGAN 450 VA & 900 VA AKAN DAPAT TOKEN GRATIS SELAMA 3 BULAN KE DEPAN   DITLANTAS POLDA METRO JAYA UNDUR WAKTU PENYERAHAN BARANG BUKTI TILANG KE KEJARI DKI AKIBAT ADA PANDEMI KORONA   PEMKAB KEPULAUAN SERIBU SEDIAKAN "RAPID TEST" KORONA DI PUSKESMAS DAN RSUD DI PULAU PRAMUKA   PEMKAB KEPULAUAN SERIBU SIAPKAN DUA PULAU SEBAGAI TEMPAT ISOLASI PASIEN KORONA   DOKTER SPESIALIS PARU ERLINA BURHAN INGATKAN MASYARAKAT TIDAK "PANIC BUYING" BELI MASKER DI TENGAH PANDEMI KORONA   MENSOS JULIARI BATUBARA: PROGRAM BANTUAN SOSIAL SELAMA PANDEMI KORONA SEGERA DISALURKAN   PRESIDEN JOKOWI DIGUGAT OLEH KELOMPOK PEDAGANG ECERAN KARENA DIANGGAP LALAI ANTISIPASI PANDEMI VIRUS KORONA