Kompas TV travel jelajah indonesia

Seru! Tradisi Sunatan Masal Anak-anak di Pulau Bungin

Selasa, 25 Februari 2020 | 10:10 WIB

SUMBAWA, KOMPAS TV -

Belda cukup beruntung dapat meihat dan menyesap cukup banyak sajian buaya dan tradisi warga Bungin yang mayoritas berasal dari Suku Bajo. Di pulau yang seluas 12 kali lapangan sepak bola ini Belda merasakan nadi kehidupan warga Bungin yang kental dengan kehidupan manusia yang sangat terikat dengan bahari. Dari proses mendirikan rumah, mencari sumber kehidupan, yang bisa dikatakan hampir seluruh warganya berprofesi sebagai nelayan, tradisi toyah pada bayi, hingga sunat pada anak-anak Bungin.

Khusus yang terakhir ini, Belda beruntung karena sunatan ini tidak setiap saat dilaksanakan tentunya. Dan yang cukup spesial adalah sunatan yang menjadi tradisi di Bungin selalu dilaksanakan secara masal alias anak-anak yang akan disunatbiasanya lebih dari 3 orang.

Sunat pada anak-anak Bungin dimulai dengan mandi sehari sebelum sunat. Pemahaman sederhananya tentu untuk membersihkan diri anak-anak sebelum sunat. Makna lainnya adalah simbol membuang hal-hal yang tidak baik pada anak-anak, sehingga ketika sunat, anak-anak ini sudah suci.

Menjelang pelaksanaan sunat, anak-anak dikenakan aksesori mulai dari gelang hingga semacam keping emas yang dikalungkan. Lagi-lagi, sederhana maknanya. Sebagai media penenang dan sebagai hiburan anak-anak agar merasa diistimewakan ketika sunat. Berikutnya, puncak hari pelaksanaan khitan atau sunat, arak-arakan anak-anak yang akan disunat dengan tetabuhan gendang beleq yang mengiringi tari ronggeng.
semua warga tumpah ruah di jalanan mengikuti keseruan arak-arakan anak-anak yang akan disunat ini.
 

Tonton saja ya videonya.

Penulis : Herwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:24
GIRI SUPRAPDIONO: SETIDAKNYA ADA SKENARIO PELEMAHAN KPK DENGAN TWK, YAITU JANGKA PENDEK, MENENGAH, DAN PANJANG   DIREKTUR SOSIALISASI & KAMPANYE ANTIKORUPSI KPK GIRI SUPRAPDIONO MENILAI TWK MERUPAKAN SKENARIO PELEMAHAN KPK   JADI KOORDINATOR PUNGLI, SUPERVISOR OPERATOR CRANE DI JICT PELABUHAN TANJUNG PRIOK DITANGKAP POLISI   PBNU: WACANA PEMERINTAH SOAL PENGENAAN PPN UNTUK PENDIDIKAN DAN SEMBAKO TIDAK TEPAT   KEMENLU PASTIKAN WNI YANG TINGGAL ATAU BERMUKIM DI ARAB SAUDI DAPAT MELAKUKAN IBADAH HAJI   KEPALA BIDANG UMRAH AMPHURI ZAKY ZAKARIA MENILAI KEPUTUSAN ARAB SAUDI SOAL IBADAH HAJI 2021 SUDAH SANGAT TEPAT    PEMERINTAH ARAB SAUDI PERTIMBANGKAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN JEMAAH DALAM MENGGELAR IBADAH HAJI   KEMENLU PASTIKAN IBADAH HAJI 2021 HANYA DIBUKA UNTUK DOMESTIK ATAU ORANG-ORANG YANG TINGGAL DI ARAB SAUDI   TINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI, PANGLIMA TNI INGATKAN PETUGAS HARUS PAHAM TUGAS PENGENDALIAN COVID-19    PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 DI BANGKALAN, JAWA TIMUR    UJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN UNTUK TINGKATKAN LEVEL KESELAMATAN & KEAMANAN DI LINGKUNGAN KERJA TRANSJAKARTA    SOPIR BUS TRANSJAKARTA RENCANANNYA AKAN DIUJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN    PEMERINTAH TARGETKAN 40.349.049 ORANG YANG MENJADI SASARAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA    HINGGA 12 JUNI 2021, JUMLAH ORANG YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA DI INDONESIA MENCAPAI 11.559.138