Kompas TV nasional berita kompas tv

Pasca RSCM Terendam Banjir, Mesin Radiasi Kanker Masih Belum Bisa Berfungsi

Kompas.tv - 25 Februari 2020, 01:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasca banjir, alat-alat medis radiologi dan radioterapi di RS Cipto Mangunkusumo masih dalam proses pengeringan.

Dari 6 mesin radiasi yang terdampak banjir 3 di antaranya belum bisa beroperasi normal.

Pengawasan ketat terhadap mesin medis yang terendam banjir, terus dilakukan oleh Tim RSCM bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir.

Proses pengeringan penting dilakukan untuk memastikan mesin radiasi aman dari korsleting listrik sebelum kembali digunakan untuk pasien.

Sementara 3 mesin radiasi lainnya, telah berfungsi normal.

Direktur Utama RSCM, Lies Dina Liastuti menyebutkan jika ada beberapa alat medis seperti tomoterapi yakni mesin radiasi kanker canggih yang saat ini masih belum bisa berfungsi. Sejauh ini yang dikhawatirkan ialah terkait kabel-kabelnya, jangan sampai saat dipasang nanti terjadi korsleting.

Sementara itu, banjir yang sempat menggenangi RSCM, tidak mengganggu jalannya pelayanan kesehatan khususnya di pelayanan radioterapi.

RSCM telah mengalihkan pasien yang membutuhkan terapi radiasi ke mesin radiasi lainnya milik RSCM yang masih berfungsi normal.

Jika nantinya antrean terapi pasien menumpuk, RSCM baru akan mengalihkan pasien ke Rumah Sakit lain.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.