Kompas TV nasional berita kompas tv

Kontroversi Berenang Bisa Hamil ala KPAI, Begini Kata Ikatan Dokter Indonesia

Kompas.tv - 24 Februari 2020, 22:10 WIB
Penulis : Christandi Super

KOMPAS.TV - Ikatan Dokter Indonesia atau IDI menilai secara teori, kemungkinan kehamilan saat berada di kolam renang tanpa adanya kontak fisik, antara laki-laki dan perempuan bisa saja terjadi. Namun kemungkinan itu sangat kecil.

Kabiro Hukum Pembinaan dan Pembelaan Anggota IDI, HN Nazar, mengatakan bahwa kondisi air di kolam renang berpotensi merusak sperma sehingga sangat kecil terjadinya kehamilan seperti yang dinyatakan oleh Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty.

Sementara itu, aktivis perempuan Tunggal Pawestri menilai bahwa pernyataan Sitti Hikmawatty yang menyebut perempuan bisa hamil karena berenang dengan lawan jenis hanya sebuah mitos.

Tunggal menyebut pernyataan Komisioner KPAI tersebut adalah keliru. Informasi soal perempuan bisa hamil saat berenang dengan lawan jenis merupakan mitos. Oleh karena itu, ia mengimbau agar pendidikan kesehatan reproduksi mulai diajarkan sejak dini agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

Sebelumnya, Komisioner KPAI Bidang Kesehatan Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif, Sitti Hikmawatty, mengingatkan agar perempuan selalu berhati-hati saat berada di kolam renang.

Sitti menyebut kehamilan dapat terjadi pada perempuan yang sedang berenang dengan laki-laki. Ia menjelaskan kehamilan yang terindikasi di kolam renang sebagai contoh hamil tak langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.