Kompas TV video cerita indonesia

Survei: Anies Baswedan Jadi Lawan Terberat Prabowo Subianto Bila Maju Pilpres 2024

Kompas.tv - 24 Februari 2020, 21:17 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menjadi saingan terberat Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Hal itu terjadi apabila keduanya maju pada Pilpres 2024.

Prediksi ini muncul dalam hasil survei Indo Barometer. Dalam survei tersebut, nama Prabowo diadu dengan sejumlah nama potensial sebagai capres di Pilpres 2024.

Dilansir dari Kompas.com, ketika disandingkan dengan nama Anies, elektabilitas Prabowo berada pada angka 41,4 persen. Sementara nama Anies berada pada angka 23,3 persen.

Sedangkan sebanyak 35,2 persen responden tak menjawab dan menyatakan tidak tahu.

"Tampak jika lawan terberat untuk Prabowo Subianto adalah Anies Baswedan. 41,4 persen vs 23,3 persen atau selisih 18,1 persen," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari saat memaparkan hasil survei di Century Park Hotel, Jakarta, Minggu (23/2/2020).

Baca Juga: Prabowo Tak Masalah Pemulangan 600 WNI Eks ISIS, Jokowi: Saya Bilang Tidak

Untuk lawan termudah bagi Prabowo ialah Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Saat diadu dengan Airlangga, elektabilitas Prabowo sebesar 50,9 persen dan Airlangga 7,2 persen. Sedangkan 41,9 persen responden tidak menjawab.

Survei dilaksanakan pada 9 – 15 Januari 2020 di 34 provinsi. Ada pun survei ini menggunakan metode multistage random sampling terhadap 1.200 responden. Untuk margin of error sebesar 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka dengan responden menggunakan kuesioner.

Responden survei adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

Baca Juga: [GRAFIS] Inilah Beda Cara Ahok dan Anies Baswedan Mengatasi Banjir di Jakarta...

#PrabowoSubianto #AniesBaswedan #Pilpres2024



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.