Kompas TV video internasional

Mahathir Mundur dari PM Malaysia, Siapa Penggantinya?

Kompas.tv - 24 Februari 2020, 18:50 WIB
Penulis : Yuilyana

MALAYSIA, KOMPASTV – Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menyatakan mengundurkan diri pada Senin (24/2). Mahathir telah menyerahkan surat pengunduran diri kepada Raja Malaysia.

Dilansir dari APTN, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, telah mengajukan pengunduran dirinya kepada raja, Senin (24/02/2020).

Hal ini terjadi di tengah rencana para pendukung Mahathir untuk bekerja sama dengan partai-partai oposisi membentuk pemerintahan baru dan menggagalkan peralihan kekuasaan ke penggantinya bernama Anwar Ibrahim.

Beberapa menit sebelum pengunduran dirinya ditawarkan, partainya Bersatu mundur dari empat anggota aliansi pemerintahan Malaysia yang memenangkan pemilihan bersejarah Mei 2018 dan mengumumkan akan mendukung Mahathir sebagai perdana menteri.

Sebelumnya Mahathir Mohamad secara resmi menjabat sebagai perdana menteri (PM) Malaysia menggantikan Najib Razak.

Mahathir dilantik dan diambil sumpah sebagai PM ke-7 Malaysia oleh Raja Malaysia Sultan Muhammad V di Istana Negara, Kuala Lumpur, Kamis (10/5/2018) pukul 21.30 waktu setempat.

Saat diangkat, Mahathir berusia 92 tahun, dan menjadi PM tertua di dunia.

Posisinya saat menjabat sebagai PM Malaysia adalah kali kedua bagi Mahathir menjabat sebagai PM setelah sebelumnya menjabat pada kurun waktu 1981 sampai dengan 2003.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x