Kompas TV video cerita indonesia

Mahathir Mohamad Mundur dari Perdana Menteri, Kenapa?

Kompas.tv - 25 Februari 2020, 00:39 WIB
Penulis : Abdur Rahim

KUALA LUMPUR, KOMPASTV – Perdana Menteri Malaysia Mathir Mohamad secara mengirimkan surat pengunduran diri kepada Raja Malaysia Sultan Abdullah.

Pengunduran dirinya ini terjadi secara tiba-tiba. Hal ini cukup menggemparkan “Negeri Jiran”, Malaysia, sebab, tak ada indikasi politik yang menyatakan Perdana Menteri ke-7 Malaysia ini akan mengundurkan diri.

Pekan lalu, Mahathir sempat mengatakan bahwa ia akan melanjutkan kekuasasannya hingga Malaysia menjadi tuan rumah Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) pada November 2020.

Ketidakpastian politik melanda Malaysia setelah muncul kabar Mahathir akan mengumumkan pembentukan koalisi baru. Koalisi yang disebut-sebut bernama Pakatan Nasional ini akan didukung oleh kubu oposisi Partai Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) dan Partai Islam Se-Malaysia (PAS). Pembentukan koalisi baru berarti bubarnya koalisi berkuasa Pakatan Harapan serta batalnya kesepakatan transisi kekuasaan antara Mahathir dengan politisi senior Anwar Ibrahim. Seperti diketahui, Pakatan
 

Keputusan Mahathir mengundurkan diri ini dinilai oleh Anwar Ibrahim sebagai sebuah pengkhianatan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x