Kompas TV video cerita indonesia

Survei Kerja 100 Hari Jokowi-Ma ruf, Ini Hasilnya

Kompas.tv - 23 Februari 2020, 21:45 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPASTV - Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi Ma’ruf pada 100 hari kerja adalah sebesar 61.4 persen sementara 33 persen merasa tidak puas.

Hasil survei ini dilakukan oleh lembaga survei Politika Research & Consulting atau PCR, dan Parameter Politik Indonesia.

Kepuasan atas pemerintahan ini ditopang oleh kepuasan publik kebijakan pembangunan infrastruktur sebesar 76.6 persen, pembangunan SDM 86.1 persen dan penanggulangan bencana 64.1 persen.

Serta 3 kartu unggulan yaitu Kartu Pekerja 67.5 persen, Kartu Indonesia Pintar dan Kuliah 86.6 persen dan Kartu Sembako Murah  86.8 persen.

Sementara itu untuk ketidakpuasan publik sebesar 33 persen ini sebagian besar berasal dari kebijakan ekonomi Jokowi Ma’ruf amin yang dinilai tidak pro rakyat. Seperti kebijakan pencabutan subsidi listrik sebesar 72.6 persen dan pengalihan subsidi LPG 60.5 persen.

Direktur eksekutif parameter politik indonesia, Adi Prayitno menyatakan ketidakpuasan publik terutama dibidang ekonomi ini bisa jadi pertimbangan Jokowi untuk melakukan reshuflle kabinet.

Adi menambahkan, harapan publik terhadap perbaikan ekonomi masih jauh dari target, sehingga perlu melakukan reshuflle kabinet terutama menteri di bidang ekonomi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x