HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Dana Desa Ratusan Juta untuk Pelesir ke Malaysia, Pak Kades Dibekuk

Minggu, 23 Februari 2020 | 18:46 WIB
dana-desa-ratusan-juta-untuk-pelesir-ke-malaysia-pak-kades-dibekuk
Polisi memperlihatkan tersangka kasus dugaan korupsi dana desa IL, di Mapolres Lhokseumawe, Minggu (23/2/2020). (Sumber: KOMPAS.com/MASRIADI)

KOMPAS.TV – IL (41) harus berurusan dengan aparat Polres Lhokseumawe. Oknum pejabat (Pj) Kepala Desa Matang Ulim, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, itu ditangkap karena diduga menggunakan dana desa sebesar Rp 325 juta.

Ironisnya, dana tersebut digunakan untuk liburan ke Malaysia. Hal tersebut dibenarkan Kasatreskrim Polres Lhokseumawe AKP Indra T Herlambang.

Dia mengungkapkan, penangkapan tersangka berawal dari laporan warga terkait adanya dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan dana desa tahun 2017 ke Mapolres Lhokseumawe pada 10 Januari 2019.

“Lalu kita panggil saksi-saksi dan hasil audit dari Kantor Inspektorat Kabupaten Aceh Utara, total dana desa tahun 2017 di Desa Matang Ulim sebesar Rp 792 juta. Dari jumlah itu hampir separuhnya digunakan buat keperluan pribadi,” ujar Indra kepada wartawan, Minggu (23/2/2020).

Dia menyebutkan, penarikan dana desa dilakukan sebanyak empat kali pada bulan September 2017.

Baca Juga: Seru! Jokowi Membagikan Sepeda ke Warga Aceh

Seluruh dana itu, kata dia, digunakan untuk keperluan pribadi pejabat kepala desa yang sehari-hari sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kesbangpol Lhokseumawe.

Penulis : fadhilah

1
2



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
21:43
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB    KOMNAS HAM MINTA PRESIDEN DAN DPR TUNDA PENGESAHAN RKUHP   ANTISIPASI HARGA GABAH JATUH, KEMENTAN KAJI BANTUAN SELISIH HARGA   KEMENDAGRI: JADWAL PELANTIKAN RIZA PATRIA SEBAGAI WAGUB DKI KEWENANGAN ISTANA   GUBERNUR BANTEN MINTA KABUPATEN TANGERANG, KOTA TANGERANG, DAN TANGSEL SEGERA LAKUKAN PSBB   MENSOS JULIARI BATUBARA: PEMERINTAH BERI STIMULUS RP 405 TRILIUN UNTUK PENANGANAN KORONA   PEMKOT TANGERANG SIAPKAN RP 98 MILIAR UNTUK TANGANI DAMPAK VIRUS KORONA   PEMKOT TANGERANG SELATAN BANGUN RUMAH LAWAN COVID-19 UNTUK TAMPUNG ODP KORONA   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SIAPKAN HOTEL GRAND PREANGER UNTUK TEMPAT TINGGAL PARA TENAGA MEDIS KORONA   KORLANTAS POLRI: PEMBATASAN SELAMA MUDIK LEBARAN, PENUMPANG BUS DIKURANGI SETENGAH   KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA AJAK ASN SUMBANGKAN THR UNTUK NEGARA DI MASA PANDEMI KORONA   MENKOMINFO PASTIKAN APLIKASI TELEKONFERENSI ZOOM UNTUK RAPAT KENEGARAAN AMAN DARI KEBOCORAN DATA   MENKOMINFO: PEMERINTAH KAJI PEMBUATAN APLIKASI RAPAT VIRTUAL SEPERTI ZOOM