HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas siang

Susur Sungai Sempor Berujung Petaka, Pembina Pramuka Ditetapkan jadi Tersangka

Minggu, 23 Februari 2020 | 14:35 WIB

SLEMAN, KOMPAS.TV - Diperkirakan sebanyak 257 siswa SMPN 1 Turi Sleman hanyut di Sungai Sempor, Sleman, Yogyakarta.

Para siswa ini sedang berkegiatan susur sungai pada Jum'at 21 Februari 2020, tepatnya di Sungai Sempor Dusun Dukuh, Donokerto, Turi.

Baca Juga: Kisah Heroik Dua Siswa Selamatkan Temannya Saat Hanyut Susur Sungai Sempor

Kecelakaan ini terjadi saat Siswa SMPN 1 Turi dari kelas 7 dan 8 berjumlah 257 orang yang sedang mengadakan kegiatan Pramuka susur Sungai Sempor. 

Saat kegiatan susur sungai dilakukan belum terjadi hujan, namun tiba-tiba terjadi banjir yang mengakibatkan hanyutnya para siswa.

Hingga Jum'at, 21 Februari 2020 sore ada 6 siswa yang sudah ditemukan. Keenam ini ditemukan dalam kondisi kritis dan 4 orang siswa dinyatakan meninggal dunia.

Tim SAR dan Babinsa mendatangi TKP bersama dengan Babinkamtibmas dan berkoordinasi dengan Tim SAR dan Polres Sleman untuk melalukan pencarian korban lainnnya.

Baca Juga: Siswi Korban Susur Sungai Sempor Dimakamkan di Hari Ulang Tahunnya

Jumlah korban yang luka-luka saat ini juga belum diketahui karena proses evakuasi masih dilakukan. 

Tim SAR dan warga yang ada di tempat kejadian pun meminta kepada masyarakat berdoa agar para siswa ini dapat segera ditemukan.

Dari hasil pemeriksaan sementara, Polda DIY menetapkan satu tersangka dalam insiden tenggelamnya siswa SMP Negeri 1 Turi.

Tersangka adalah seorang pembina Pramuka, yang sekaligus sebagai penyelenggara acara susur sungai.  

Menurut polisi, tersangka diduga melakukan kelalaian yang menyebabkan orang lain terluka hingga meninggal dunia.

Penulis : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
17:31
BACA E-PAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   INGGRIS DAN AUSTRALIA IMBAU WARGANYA SEGERA TINGGALKAN INDONESIA YANG DILANDA PANDEMI KORONA   WALI KOTA DEPOK SEBUT DARI 1.443 ORANG YANG IKUTI "RAPID TEST" DI DEPOK, JAWA BARAT, 40 POSITIF TERINFEKSI VIRUS KORONA   HINDARI PENOLAKAN DARI WARGA, GUBERNUR SULSEL SEDIAKAN MAKAM KHUSUS JENAZAH TERINFEKSI VIRUS KORONA   PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH SATU VISI TANGANI PANDEMI KORONA   PRESIDEN JOKOWI SEBUT PEMBATASAN SOSIAL DAN LALU LINTAS YANG DILAKUKAN DAERAH SEJAUH INI MASIH WAJAR   PEMKAB GIANYAR, BALI, SIAPKAN SATU HOTEL KHUSUS BAGI TENAGA MEDIS YANG MENANGANI VIRUS KORONA   KEMENAG PASTIKAN ARAB SAUDI TIDAK BATALKAN HAJI 2020    PRAJOGO PANGESTU SUMBANG PERALATAN MEDIS RP 30 MILIAR UNTUK PENANGANAN KORONA KE RS DI DKI, JABAR, DAN BANTEN   PRESIDEN JOKOWI TINJAU RS DARURAT UNTUK TANGANI PASIEN TERINFEKSI VIRUS KORONA DI PULAU GALANG, BATAM, KEPRI   JEPANG LAKUKAN UJI KLINIS UNTUK MELIHAT EFEKTIVITAS AVIGAN DALAM MENYEMBUHKAN PASIEN TERINFEKSI VIRUS KORONA   CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA, KEMENKUMHAM GANDENG PMI SEMPROTKAN DISINFEKTAN DI LAPAS   RUSIA KIRIM PESAWAT UNTUK BAWA BANTUAN MEDIS KE AS YANG TENGAH HADAPI PANDEMI KORONA   CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA, KEMENKUMHAM BEBASKAN 5.556 NARAPIDANA