Kompas TV klik360 news vlog

Indonesia "Kebal" Virus Corona? Diragukan Hingga Dipuji WHO

Senin, 24 Februari 2020 | 13:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Virus Corona merebak di berbagai negara. Setidaknya ada 29 negara yang terinfeksi virus Corona dan yang paling parah adalah negara China, khususnya kota Wuhan Provinsi Hubei dimana menjadi tempat pertama kalinya virus Corona ini ditemukan.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Sampai saat ini (21/2/2020) belum ada satu pun laporan kasus positif virus corona. Hal ini menjadi bahan kecurigaan dan keraguan dari sejumlah pihak, mulai dari peneliti Harvard sampai dengan kekhawatiran dari WHO.

Seorang Ahli Epidemiologi dari Harvard TH Chan Scholl of Public Health, Marc Lipstich mengungkapkan mungkin saja ada kasus di Indonesia tapi tidak terdeteksi.

"Indonesia melaporkan nol kasus, tapi mungkin sebenarnya sudah ada beberapa kasus yang tak terdeteksi," ujar Lipstich.

Menanggapi kecurigaan dari peneliti Harvard ini, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto merasa pernyataan tersebut sebagai sebuah penghinaan terhadap Indonesia. Menkes menegaskan selama ini Indonesia sudah menjalankan prosedur sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh WHO.

Apakah benar Indonesia kebal dari virus Corona? Apa alasan virus Corona ini seakan ogah masuk ke Indonesia? Apa karena cuaca dan matahari di Indonesia lebih panas dibanding dengan negara lainnya?

Menkes pun mengatakan Indonesia "Kebal" dari Virus Corona karena semua berkat doa.

WNI yang sudah dievakuasi dari Wuhan dan diobservasi di Natuna pun sudah dipulangkan ke rumah mereka masing-masing. Ratusan WNI itu pun dinyatakan bebas dari Virus Corona. Hal ini pun pada akhirnya membuat WHO mengapresiasi kinerja pemerintah dan sejumlah pihak dalam menjaga keselamatan warganya dari Virus Corona.

Penulis : Sadryna Evanalia



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:50
PEMPROV DAN DPRD JABAR MENYETUJUI 3 CALON DAERAH PERSIAPAN OTONOM BARU UNTUK DIAJUKAN KE PEMERINTAH PUSAT   BAWASLU AKAN AWASI PROSES PEMILIHAN PILKADA 2020 UNTUK PASIEN KORONA   BAWASLU: ADA 2.126 PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM 2 BULAN TERAKHIR MASA KAMPANYE PILKADA 2020   BAWASLU: DALAM 60 HARI, ADA 91.640 KEGIATAN KAMPANYE TATAP MUKA   POLRI KIRIM 3.100 PERSONEL BRIMOB NUSANTARA KE 8 WILAYAH UNTUK AMANKAN PILKADA 2020   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA TNI DAN POLRI KERJA SAMA DALAM PENGAMANAN PILKADA 2020   KEMENTERIAN ESDM MENYATAKAN TARIF LISTRIK UNTUK JANUARI-MARET 2021 TIDAK NAIK   KEMENAG: TAMBAHAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH RP 889 M UNTUK MADRASAH CAIR SEBELUM 20 DESEMBER 2020   PENGAMBILAN RAPOR MURID MAN 22 PALMERAH, JAKARTA, TERTUNDA LANTARAN 30 KARYAWAN DAN GURU POSITIF KORONA   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA MERUPAKAN PRODUSEN KOPI TERBESAR KEEMPAT DI DUNIA SETELAH BRASIL, VIETNAM, DAN KOLOMBIA   PRESIDEN JOKOWI MELEPAS EKSPOR PRODUK RI KE PASAR GLOBAL SENILAI RP 23,7 TRILIUN   PRESIDEN JOKOWI: MASIH BANYAK POTENSI PASAR EKSPOR YANG BELUM TERGARAP   PRESIDEN JOKOWI AKUI EKSPOR INDONESIA MASIH TERTINGGAL DARI VIETNAM   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA TERTINGGAL DARI NEGARA LAIN DALAM MENANGKAP PELUANG EKSPOR BAHAN & PRODUKSI DALAM NEGERI