Kompas TV video news vlog

Indonesia "Kebal" Virus Corona? Diragukan Hingga Dipuji WHO

Kompas.tv - 24 Februari 2020, 13:00 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Virus Corona merebak di berbagai negara. Setidaknya ada 29 negara yang terinfeksi virus Corona dan yang paling parah adalah negara China, khususnya kota Wuhan Provinsi Hubei dimana menjadi tempat pertama kalinya virus Corona ini ditemukan.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Sampai saat ini (21/2/2020) belum ada satu pun laporan kasus positif virus corona. Hal ini menjadi bahan kecurigaan dan keraguan dari sejumlah pihak, mulai dari peneliti Harvard sampai dengan kekhawatiran dari WHO.

Seorang Ahli Epidemiologi dari Harvard TH Chan Scholl of Public Health, Marc Lipstich mengungkapkan mungkin saja ada kasus di Indonesia tapi tidak terdeteksi.

"Indonesia melaporkan nol kasus, tapi mungkin sebenarnya sudah ada beberapa kasus yang tak terdeteksi," ujar Lipstich.

Menanggapi kecurigaan dari peneliti Harvard ini, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto merasa pernyataan tersebut sebagai sebuah penghinaan terhadap Indonesia. Menkes menegaskan selama ini Indonesia sudah menjalankan prosedur sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh WHO.

Apakah benar Indonesia kebal dari virus Corona? Apa alasan virus Corona ini seakan ogah masuk ke Indonesia? Apa karena cuaca dan matahari di Indonesia lebih panas dibanding dengan negara lainnya?

Menkes pun mengatakan Indonesia "Kebal" dari Virus Corona karena semua berkat doa.

WNI yang sudah dievakuasi dari Wuhan dan diobservasi di Natuna pun sudah dipulangkan ke rumah mereka masing-masing. Ratusan WNI itu pun dinyatakan bebas dari Virus Corona. Hal ini pun pada akhirnya membuat WHO mengapresiasi kinerja pemerintah dan sejumlah pihak dalam menjaga keselamatan warganya dari Virus Corona.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.