HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Banjir Rendam Permukiman Penduduk di Karawang, Akses Antar Desa Putus

Sabtu, 22 Februari 2020 | 13:30 WIB

KARAWANG, KOMPAS.TV - Banjir akibat luapan Sungai Citarum dan Cibeet, merendam akses jalan dua desa di Kecamatan Teluk Jambe Timur, Karawang, Jawa Barat. 

Ketinggian air yang merendam jalan itu mencapai 1 meter.

Akibat dari putusnya akses jalan utama dua desa ini, aktivitas warga terganggu. 

Siswa ataupun karyawan yang akan menuju sekolah dan ke kantor harus memutar jauh untuk bisa sampai lokasi tujuan.

Banjir yang merendam Desa Karang Ligar, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Terhitung sudah satu pekan sejak banjir menggenangi wilayah Jakarta dan sekitarnya. Bahkan, banjir di beberapa wilayah pun sudah surut dan warganya sudah dapat melakukan aktivitas kembali.

Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk warga di desa Karang Ligar, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Karawang, yang masih terendam banjir. Ketinggian air terdalam di daerah tersebut masih mencapai 150 sentimeter. 

Adapun penyebab banjir masih merendam 135 rumah warga di Karawang ialah saluran pembuangan air di daerah tersebut sangatlah sempit sehingga membuat banjir tak kunjung surut.

Beberapa warga pun terpaksa masih tinggal di pengungsian sampai menunggu banjir benar-benar surut.

Selain itu, banjir juga memutus akses utama dua desa yaitu Desa Karang Ligar dan Desa Sukamakmur.

Sebelumnya, banjir di daerah Karawang ini diakibatkan meluapnya Sungai Cibeet dan Citarum, namun saat ini kondisi debit air di kedua sungai tersebut dikabarkan sudahh kembali normal.

Pihak pemerintah setempat pun diminta untuk segera melakukan normalisasi atau penyedotan air agar mempercepat air surut.

Penulis : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
10:15
BACA E-PAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   BAYERN MUENCHEN PERPANJANG MASA BAKTI PELATIH MEREKA HANSI FLICK HINGGA 2023   AJANG BALAP SEPEDA DI SWISS, TOUR DE SUISSE (TDS), DITUNDA AKIBAT ADANYA PANDEMI KORONA   JUMLAH KASUS KORONA DI AS TERTINGGI DI DUNIA MELEBIHI TIONGKOK DENGAN 275.586 KASUS, 9.707 DI ANTARANYA TELAH SEMBUH   ANGKA KEMATIAN KARENA KORONA DI ITALIA MENCAPAI 14.681 JIWA, TERTINGGI DI DUNIA   ITALIA PERPANJANG MASA KARANTINA HINGGA 13 APRIL MENDATANG   PEMPROV JAWA TIMUR SIAPKAN RP 2,3 TRILIUN UNTUK PENANGANAN KORONA   PEMKOT SEMARANG SIAPKAN 180.000 PAKET SEMBAKO UNTUK WARGA TERDAMPAK KORONA   "HOTLINE" LAYANAN PENJEMPUTAN PENDONOR OLEH PMI JAKARTA SELATAN 0831-5132-8327   PMI JAKARTA SELATAN SIAPKAN LAYANAN PENJEMPUTAN BAGI PENDONOR SELAMA MASA PANDEMI VIRUS KORONA   DISNAKERTRANS DKI MENCATAT 3.611 PEKERJA DI WILAYAH JAKARTA TERKENA PHK AKIBAT VIRUS KORONA   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR NIHAYATUL WAFIROH MEMINTA PEMERINTAH PERCEPAT MENDETEKSI VIRUS KORONA   PBNU IMBAU NAHDLIYIN UNTUK MENGIKUTI ATURAN PEMERINTAH SOAL MUDIK LEBARAN   JUMLAH KASUS POSITIF KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 1.986 JIWA, 134 DI ANTARANYA TELAH DINYATAKAN SEMBUH