HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Banjir Rendam Permukiman Penduduk di Karawang, Akses Antar Desa Putus

Sabtu, 22 Februari 2020 | 13:30 WIB

KARAWANG, KOMPAS.TV - Banjir akibat luapan Sungai Citarum dan Cibeet, merendam akses jalan dua desa di Kecamatan Teluk Jambe Timur, Karawang, Jawa Barat. 

Ketinggian air yang merendam jalan itu mencapai 1 meter.

Akibat dari putusnya akses jalan utama dua desa ini, aktivitas warga terganggu. 

Siswa ataupun karyawan yang akan menuju sekolah dan ke kantor harus memutar jauh untuk bisa sampai lokasi tujuan.

Banjir yang merendam Desa Karang Ligar, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Terhitung sudah satu pekan sejak banjir menggenangi wilayah Jakarta dan sekitarnya. Bahkan, banjir di beberapa wilayah pun sudah surut dan warganya sudah dapat melakukan aktivitas kembali.

Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk warga di desa Karang Ligar, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Karawang, yang masih terendam banjir. Ketinggian air terdalam di daerah tersebut masih mencapai 150 sentimeter. 

Adapun penyebab banjir masih merendam 135 rumah warga di Karawang ialah saluran pembuangan air di daerah tersebut sangatlah sempit sehingga membuat banjir tak kunjung surut.

Beberapa warga pun terpaksa masih tinggal di pengungsian sampai menunggu banjir benar-benar surut.

Selain itu, banjir juga memutus akses utama dua desa yaitu Desa Karang Ligar dan Desa Sukamakmur.

Sebelumnya, banjir di daerah Karawang ini diakibatkan meluapnya Sungai Cibeet dan Citarum, namun saat ini kondisi debit air di kedua sungai tersebut dikabarkan sudahh kembali normal.

Pihak pemerintah setempat pun diminta untuk segera melakukan normalisasi atau penyedotan air agar mempercepat air surut.

Editor : Merlion Gusti



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
22:32
PT KAI AKAN OPERASIKAN KERETA API SEMBRANI JURUSAN JAKARTA-SURABAYA MULAI JUMAT, 10 JULI 2020   DIREKTUR UTAMA PT GARUDA INDONESIA KLAIM PENDAPATAN TURUN HINGGA 90 PERSEN AKIBAT PANDEMI KORONA   BADAN PENYELENGGARA JAMSOSTEK MINTA KEMENKEU HAPUS PAJAK PENCAIRAN DANA PESERTA JAMINAN HARI TUA   KEMENHAN BANTAH BERENCANA BELI PESAWAT MILITER JENIS MV-22 BLOCK C OSPREY DARI AMERIKA SERIKAT   MENDAGRI: PENYELENGGARAAN PILKADA 2020 DI WILAYAH ZONA MERAH TETAP DILAKSANAKAN DAN TAK BISA DITUNDA   MENAKER TARGETKAN SERAP 95.315 TENAGA KERJA MELALUI PROGRAM PERLUASAN KESEMPATAN KERJA UMKM PADA 2021    DISNAKER: 8.282 KARYAWAN DI 73 PERUSAHAAN DI KOTA TANGERANG TERKENA PHK SELAMA PANDEMI KORONA   PEMKOT BEKASI AKAN PERIKSA 500 PENGUNJUNG "CAR FREE DAY" SECARA ACAK DI 11 TITIK YANG BERADA DI JALAN AHMAD YANI   WALI KOTA BEKASI AKAN GELAR "RAPID TEST" TERHADAP PENGUNJUNG "CAR FREE DAY" SECARA ACAK AKHIR PEKAN INI   KPK BERHARAP ADANYA PERATURAN MAHKAMAH AGUNG YANG MENGATUR PERSIDANGAN DARING SELAMA PANDEMI   KEMENDAGRI: MELALUI LAYANAN DARING WARGA BISA CETAK KK HINGGA AKTA KELAHIRAN SENDIRI DI RUMAH TANPA ANTRE   KEMENDAGRI BUKA LAYANAN DARING MELALUI WHATSAPP & SITUS UNTUK URUSAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN PENCATATAN SIPIL   PRESIDEN JOKOWI MEMINTA MENHAN PRABOWO SUBIANTO BELANJA ALUTSISTA DARI PERUSAHAAN DALAM NEGERI   PRESIDEN JOKOWI MINTA JAJARANNYA SEGERA BELANJAKAN ANGGARAN UNTUK REDAM DAMPAK EKONOMI AKIBAT PANDEMI