Kompas TV regional berita daerah

Bupati Thoriq Luncurkan Pertanian Organik

Kompas.tv - 22 Februari 2020, 12:46 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Lumajang Jawa Timur mulai menggalakkkan tanaman pertanian organik. hal ini ditandai dengan peluncuran program pengembangan padi organik di Kecamatan Candipuro pada Rabu siang (19/02)

Program pengembangan padi organik diawali di lahan pertanian yang ada di lereng Gunung Semeru, tepatnya di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 50 hektar lahan yang sudah menerapkan pola pertanian organik.

Program ini melibatkan sejumlah kelompok tani dan warga. Pupuk organik yang digunakan adalah kotoran hewan. Ketua kelompok tani Kalijambe, Kusman mengaku bisa mendapatkan 20 ton pupuk organik dalam sebulan yang dimanfaatkan untuk mensuburkan tanah.

Bupati Lumajang Thoriqul haq akan menjadikan padi organik sebagai produk unggulan Kabupaten Lumajang dengan harga yang bersaing. Langkah ini dilakukan untuk menekan penurunan kadar kesuburan tanah akibat pertanian kimia dan meningkatkan penggunaan pupuk organik di tengah berkurangnya pupuk bersubsidi.

Bupati Thoriq juga menargetkan 45 ribu hektar lahan pertanian akan menggunakan pupuk organik sehingga Kabupaten Lumajang menjadi bumi organik.

#PertanianOrganik #PadiOrganik #KabupatenLumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x