Kompas TV video cerita indonesia

Siap-siap! Jakarta Sebentar Lagi Bebas Kantong Plastik

Kompas.tv - 21 Februari 2020, 18:03 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan sosialisasi aturan baru mengenai larangan penggunaan kantong plastik di Jakarta, pada Jumat (21/2/2020).

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) 142 tahun 2019 tentang Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan. Sosialisasi dilakukan di sejumlah pusat perbelanjaan hingga pasar tradisional.

"Kami lakukan sounding, edukasi dan temu stakeholder terutama temu kepada tiga lingkup yang diatur yaitu pusat perbelanjaan, swalayan, dan pasar rakyat," kata Andono di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (21/2/2020).

Baca Juga: Sampah Plastik Untuk Campuran Aspal, Memang Bisa?

Hingga saat ini Pemprov DKI sudah bertemu dengan 55 dari 83 pusat perbelanjaan untuk sosialisasi Pergub Kantong Plastik. Sebab Pergub itu akan mulai berlaku Juli 2020.

Dengan diberlakukannya Pergub baru ini pada bulan Juli nanti, maka Jakarta akan melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai di pusat perbanjaan, pasar tradisional hingga minimarket. Pemprov juga sudah menyiapkan sejumlah sanksi jika pusat-pusat perbelanjaan tidak menerapkan aturan ini kepada tenan mereka.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x