Kompas TV nasional berita kompas tv

Dua Warga Batan Indah Terpapar Radioaktif Caesium-137

Kompas.tv - 21 Februari 2020, 15:09 WIB
dua-warga-batan-indah-terpapar-radioaktif-caesium-137
Petugas pembersih zat radioaktif di Perumahan Batan Indah Tangerang Selatan, Minggu (16/2/2020) (Sumber: Kompas.com/Singgih Wiryono)
Penulis : Johannes Mangihot

TANGERANG SELATAN, KOMPAS TV – Dua orang warga Batan Indah, Kademangan, Setu, Tangerang Selatan terkontaminasi radiasi nuklir dengan jenis radioaktif Caesium-137.

Hal ini diketahui setelah Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) mendapat hasil pemeriksaan kesehatan terhadap sembilan orang warga Batan Indah.

"Dari sembilan orang tersebut memang ada dua yang terindikasi atau terukur terkontaminasi Caesium-137," ujar Sekretaris Utama Bapeten, Hendrianto Hadi Tjahyono di Pemkot Tangsel, Jumat (21/2/2020). Dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Pasca Penemuan Radioaktrif, Warga Batan Indah Tunggu Hasil Tes Kesehatan

Hendrianto menambahkan meski terkontaminasi, radiasi dari Caesium-137 dalam tubuh dua warta tersebut tergolong sangat kecil, yang artinya tak membahayakan.

Bahkan tingkat kontaminasi Caesium-137 dua orang warga Batan Indah itu lebih rendah dari radioaktif jenis Kalium 40 (K-40) yang juga ditemukan dalam tubuh dua warga tersebut.

"Tidak ada dampak radiologi dan kesehatan," ucapnya.

Sebelumnya, sebanyak sembilan warga yang bermukim di Perumahan Batan Indah, Kademangan, Setu, Tangerang Selatan, melakukan pemeriksaan Whole Body Counting (WBC), pada Senin (17/2/2020) pagi.

Baca Juga: 306 Drum Tanah Terpapar Zat Radioaktif Diangkut dari Perumahan Batan Indah

Pemeriksaan terhadap sejumlah warga tersebut dilakukan di Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi (PTKMR) Batan kawasan Pasar Jumat, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan.

Pemeriksaan itu dilakukan guna mengetahui kondisi kesehatan tubuh semenjak adanya paparan radiasi nuklir di kawasan perumahan tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x