Kompas TV nasional berita kompas tv

Ini Rekayasa Lalu Lintas Untuk Antisipasi Massa Aksi 212 di Kawasan Monas

Kompas.tv - 21 Februari 2020, 12:54 WIB
ini-rekayasa-lalu-lintas-untuk-antisipasi-massa-aksi-212-di-kawasan-monas
Umat muslim mengikuti aksi 212 di depan Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/2/2017). Aksi 212 tersebut digelar dalam rangka menuntut DPR agar segera mengambil tindakan agar Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama diberhentikan dari jabatannya. (Sumber: KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas jelang aksi 212 yang rencana dilakukan pada siang nanti, Jumat (21/2/2020).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo menjelaskan rekayasa yang nanti dilakukan bersifat situasional melihat kondisi dilapangan. Jika masa sudah membludak, maka kendaraan dialihkan ke jalur alternatif lain.

Menurut Sambodo, saat ini pihaknya masih mengutamakan agar jalur TransJakarta bisa diakses. Namun jika massa sudah membludak maka TransJakarta juga ikut dialihkan ke jalur alternatif lain.

Baca Juga: Aksi 212 Akan Digelar 21 Februari 2020 dengan Tajuk Berantas Korupsi

Sambodo juga mengimbau agar masyarakat dapat menghindari kawasan Monas tempat aksi 212 berkumpul. Masyarakat bisa memilih jalur luar atau alternatif lain jika ingin menuju ke Jakarta Pusat atau sebaliknya.

"Kami mengimbau kepada masarakat kalau memang tidak ada urusan penting yang melewati jam tersebut (selesai sholat Jumatan) bisa menggunakan jalur lain," kata Sambodo, Jumat (21/2/2020).

Polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kemacetan akibat adanya aksi 212 Berantas Korupsi" di silang barat daya Monas atau Patung Kuda dan depan Istana Negara. Dikutip dari Kompas.com, berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya,

Arus lalin dari Jalan Veteran Raya yang akan ke Jalan Veteran III diluruskan ke traffic light Harmoni.

Baca Juga: Ada Aksi 212 di Depan Istana, Polda Metro Jaya Siapkan Pengamanan

Arus lalin dari Jalan Martim yang akan menuju Jalan Merut dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

Arus lalin dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Mersel diluruskan ke Jalan Mertim.

Arus lalin dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih.

Arus lalin dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalin dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

Baca Juga: Kata PA 212 Soal FPI Temukan Kondom di DWP

Arus lalin dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan dan arus lalin dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

Arus lalin dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x