Kompas TV regional berita daerah

Anies Baswedan Ungkap Warga DKI Produksi Sampah 7.600 Ton Tiap Hari

Kompas.tv - 21 Februari 2020, 11:10 WIB
anies-baswedan-ungkap-warga-dki-produksi-sampah-7-600-ton-tiap-hari
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (19/2/2020). (Sumber: KOMPAS.com/NURSITA SARI)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan warga Ibu Kota memproduksi sampah sebanyak 7.600 ton per hari.

Sampah sebnayak itu, kata bekas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, rata-rata langsung dibuang masyarakat ke temat sampah. Kemudian diangkut petugas dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Anies menyampaikan demikian pada saat menghadiri peringatan HariPpeduli Sampah Nasional di Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat, pada Jumat (21/2/2020).

Baca Juga: Manfaatke Sampah Plastik Daur Ulang, Kanggo Campuran Aspal

Pada momen tersebut, Anies meminta kepada masyarakat untuk mengubah pola pikir tentang sampah. Sebab, selama ini masyarakat kerap berpikir sampah tidak penting. Padahal justru sebaliknya.

"Sampah itu kita tempatkan seperti pemahaman kita tentang sampah, yakni tidak penting. Kita harus bangun di Jakarta perubahan mindset,” kata Anies pada Jumat (21/2/2020).

Anies mengajak masyarakat umtuk mengambil manfaat dari sisa sampah yang bisa diolah lebih lanjut yakni residu. “Ada yang bisa diambil namanya residu. Residu bisa diolah," ucap Anies.

Anies menambahkan, sebagian sampah tersebut bisa diolah oleh masyarakat di rumah masing-masing atau suatu tempat di lingkungan tempat tinggalnya.

Baca Juga: Hebat! Udinus Semarang Berhasil Olah Sampah Plastik Jadi Campuran Aspal!

"Kita di Jakarta lumayan aktif memproduksi residu per hari diangkut LH 7600 ton sisa. Sebagian sisa sebenarnya bisa digunakan kembali, tapi kita mindset-nya yang sisa tidak bisa digunakan, maka kita buang," tutur Anies.

Ia pun meminta agar masyarakat memulai kegiatan mengolah sampah dari yang mereka produksi sendiri. 

"Maunya kita ambil pisang tapi kulitnya orang lain yang urus. Sekarang kita ubah kulitnya kita urus sama-sama. Kita yang gunakan produk kita yang urus sisanya," kata Anies.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.