Kompas TV nasional berita kompas tv

Di Tengah Pro Kontra Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Terus Lanjut

Kompas.tv - 21 Februari 2020, 11:45 WIB
Penulis : Edika ipelona

JAKARTA, KOMPASTV - Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) berlanjut meski menuai pro dan kontra. Sejumlah seniman menilai revitalisasi tim perlu dilakukan agar layak bagi pegiat seni.

Seniman, Yose Rizal Manua menyatakan kawasan TIM justru harus direvitalisasi. Ia tidak kawatir, revitalisasi berlangsung tidak sesuai harapan seniman dan justru akan berpihak untuk pegiat seni. Meski setuju revitalisai TIM, ada sejumlah titik yang menjadi aset budaya tetap harus dijaga keasliannya.

Proses pemugaran di TIM sudah mencapai 15 persen. Pembangunan area parker, fondasi untuk perpustakaan, dan ruang dokumentasi HB Jasin hingga Masjid Amir Hamzah terus dilakukan.

Namun, sebelumnya merasa tak dilibatkan dalam revitalisasi Taman Ismail Marzuki atau TIM, sejumlah seniman adukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke DPR.

Sejumlah seniman mengadukan Anies Baswedan ke Komisi X DPR RI. Mereka kecewa dengan keputusan Anies Baswedan yang tetap melanjutkan proyek revitalisasi TIM tanpa adanya diskusi dengan seniman. Proyek revitalisasi TIM yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menuai kritik dari para seniman.

Sebelumnya, Forum Seniman Peduli Taman Ismail Marzuki mengadukan Anies Baswedan ke Komisi X DPR karena tidak ada forum diskusi dengan seniman sebelum merevitalisasi TIM.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x