Kompas TV video cerita indonesia

Mengenal Ikan Fufu, Kuliner Olahan Ikan dari Halmahera

Kompas.tv - 21 Februari 2020, 10:17 WIB
Penulis : Laura Elvina

HALMAHERA, KOMPAS.TV - Perairan sekitar Maluku, mrupakan wilayah penghasil tangkapan ikan yang berlimpah. Tidak sulit untuk mendapatkan makanan berbahan ikan di wilayah ini. Bahkan, para nelayan sampai harus berkreasi mengolah tangkapan ikan yang banyak tersebut agar tidak terbuang.

Inilah yang dilakukan oleh para nelayan di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Mereka membuat olah ikan asap untuk hasil tangkapan, atau yang biasa disebut Ikan Fufu.

Kegiatan ini pun sudah menjadi bisnis rumahan bagi warga Halmahera Selatan. Jenis ikan yang banyak ditangkap di wilayah ini adalah Cakalang atau Baby Tuna. Ikan jenis inilah yang kemudian dijadikan ikan fufu yang rasanya tidak perlu diragukan lagi.

Dalam masakan manado, ikan cakalang menjadi favorit karena rasanya yang khas. Ikan laut satu ini juga memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Jika berkunjung ke Halmahera, ikan fufu tentu bisa dijadikan oleh-oleh. Salah satu cara menyajikan ikan fufu adalah dengan membuat suwiran daging ikan fufu kemudian ditambahkan dalam berbagai hidangan seperti selada kentang, mi cakalang, atau dimasak rica-rica dengan cabai.

Baca Juga: Kreasi Kuliner dengan Teknik Gastronomi Molekuler



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x