Kompas TV nasional berita kompas tv

Sri Mulyani Rencana Kasih Cukai ke Minuman Berpemanis, Rizal Ramli: Tidak Kreatif

Kamis, 20 Februari 2020 | 18:50 WIB
sri-mulyani-rencana-kasih-cukai-ke-minuman-berpemanis-rizal-ramli-tidak-kreatif
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Sumber: KompasTV)

JAKARTA, KOMPASTV - Rencana Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk mengenakan tarif cukai pada minuman berpemanis mendapat kritikan dari Ekonom Rizal Ramli.

Menurut Rizal usulan tersebut tidak kreatif, bahkan bisa memeras rakyat kecil yang membutuhkan gula untuk energi.

Rizal menilai jika tujuannya mengurangi diabetes, Kementerian Kesehatan bisa mengeluarkan batas kandungan gula pada minumal botol dan kemasan. Namun jika untuk pemasukan negara melalui cukai, usulan tersebut tidak mendasar.

Baca Juga: Sri Mulyani Usul Ada Cukai Minuman Manis, DPR Oke

"Sri Mulyani akan pungut cukai minuman energi & kopi kemasan. ‘Classic moves’ Srintil doyannya uber yang kecil-kecil, sama besar-besar malah divoor kurangi pajak, tax holiday 20 tahun dan lain-lain. Memang kurangi gula bagus, tapi buat rakyat bawah itu sumber energi tambahan," ujar Rizal di akun Twitter Pribadinya @RamliRizal, Kamis (20/2/2020).

Usulan minuman berpemanis dikenakan cukai dikemukakan Sri Mulyani saat rapat dengan Komisi XI DPR. Menurut Sri potensi penerimaan mencapai Rp6,25 triliun.

Baca Juga: Berang Rapat dengan Sri Mulyani, Anggota DPR: Sebaiknya Tak Usah Datang Lagi

Editor : Johannes Mangihot

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:03
ARMENIA DAN AZERBAIJAN SEPAKAT GENCATAN SENJATA DALAM KONFLIK NAGORNO-KARABAKH   SINGAPURA HENTIKAN PENGGUNAAN 2 VAKSIN INFLUENZA SKYCELLFLU QUADRIVALENT DAN VAXIGRIPTETRA   ISRAEL MULAI UJI COBA KANDIDAT VAKSIN KORONA POTENSIAL TERHADAP MANUSIA PADA 1 NOVEMBER 2020   TIONGKOK GELAR TES KORONA SECARA MASSAL TERHADAP 4,75 JUTA WARGA XINJIANG SETELAH ADA 137 KASUS KORONA BARU   KEMENAG TENGAH MENYUSUN ATURAN BEBAS KORONA BAGI CALON JEMAAH UMRAH ASAL INDONESIA   POLRI SELIDIKI OKNUM BRIMOB YANG JADI PEMASOK SENJATA KELOMPOK KRIMINAL BERSENJATA (KKB) PAPUA   JENAZAH STAF KPU WONOGIRI YANG DITEMUKAN DI KAMAR HOTEL SOLO DIBAWA KE RSUD DR MOEWARDI SOLO UNTUK DIOTOPSI   SEORANG STAF KPU WONOGIRI DITEMUKAN MENINGGAL DI DALAM KAMAR HOTEL DI SOLO, JAWA TENGAH   KPU KOTA SEMARANG SEDIAKAN 3.447 ALAT BANTU HURUF BRAILE UNTUK PEMILIH PENYANDANG TUNANETRA   SEORANG ISTRI POLISI DI PENAJAM PASER UTARA, KALTIM, JADI TERSANGKA KASUS INVESTASI BODONG & ARISAN DARING RP 200 JUTA   DINKES CILACAP, JAWA TENGAH: 489 DARI 502 SANTRI DI CILACAP SEMBUH DARI KORONA    DEBAT PILKADA BALIKPAPAN, KALTIM, DIBATALKAN KARENA KETUA KPU BALIKPAPAN NOOR TOHA POSITIF TERINFEKSI KORONA   PT KAI: 83.000 TIKET KERETA API TERJUAL UNTUK LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER 2020   PRESIDEN JOKOWI RILIS ATURAN BARU PENGELOLAAN PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK (PNBP) DEMI TEKAN PUNGLI