Kompas TV nasional berita kompas tv

Waspada! Penyakit Jantung Merupakan Pembunuh Nomor 1 di Dunia

Kompas.tv - 20 Februari 2020, 16:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Serangan jantung bisa terjadi pada siapa saja dan terjadi pada rentan usia muda, tua hingga lansia. Namun kebanyakan fenomena serangan jantung disepelehkan anak-anak muda karena merasa tubuhnya baik-baik saja, atau rajin berolahraga. Kalangan artis tanah air Indonesia juga tak sedikit yang meninggal karena serangan jantung. 

Pada Selasa (18/02/2020) Bunga Citra Lestari beserta keluarga besar berduka atas meninggalnya Ashraf Sinclair. Ia terkena serangan jantung. Tak hanya Ashraf, beberapa deretan artis ibu kota juga ada yang meninggal karena serangan jantung, seperti Adjie Massaid, Cecep Reza, Mike Mohede hingga pelawak Jojon.

Meninggalnya selebritas Asraf Sinclair, kembali mengingatkan penyakit kardiovaskular diantaranya termasuk serangan jantung, merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia.

Dr Andhika Raspati, Sp Ko, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga menyebutkan tanda-tanda umum serangan jantung meliputi, nyeri dada, sesak nafas, dada terasa berat hingga nafas pendek. Namun ada juga kemungkinan gejala lain, seperti keringat dingin hingga tubuh kehilangan kendali seperti ingin pingsan.

Ivan Muliadi, Fasilitator Darurat Medis Siaga menyebutkan jika melakukan pijat jantung bisa menjadi pertolongan pertama bagi orang yang terkena serangan jantung. 
 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.