Kompas TV regional berita daerah

Kreativitas Terpidana di Balik Jeruji Besi

Kompas.tv - 20 Februari 2020, 12:58 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Apa yang Anda pikirkan, jika melihat berbagai kreasi pajangan unik ini, mulai dari patung karakter berbahan dasar lilin dan sabun dengan sentuhan warna cerah, pajangan perahu dalam botol yang memantulkan warna lampu yang unik, hingga kursi yang terbuat dari kardus bekas penyimpanan telur ini.

Semua itu merupakan karya dari warga binaan di rumah tahanan kelas I Bandar Lampung. Sadar tak banyak yang bisa mereka lakukan, pihak rutan memfasilitasi dan membina dengan sabar satu per satu warga binaan. Berbekal barang-barang bekas tak terpakai, mereka berkreasi membuat sejumlah pajangan unik bernilai seni tinggi.

Seperti perahu dalam botol ini yang dikenal sebagai hasil kreasi warga binaan rutan secara turun temurun, mereka dengan teliti menyusun satu persatu material ke dalam botol hingga membentuk perahu yang berfungsi sebagai lampu hias. Selain itu ada juga miniatur patung berbagai karakter, berbahan dasar lilin dan sabun yang dibentuk menyerupai karakter tertentu, dengan kombinasi warna cerah.

Baca Juga: Dituduh Culik Anak, Seorang Nenek Dianiaya

Bahkan tak terkecuali dengan kardus bekas penyimpanan telur ini, mereka ubah menjadi benda seperti kursi dan meja yang dapat terpakai. Semua kreasi hasil warga binaan ini dihargai mulai dari 100 hingga 500 ribu rupiah, tergantung kerumitan dan lama pengerjaanya.

Meski banyak keterbatasan, hal itu tak melunturkan semangat mereka yang terjerat hukum untuk tetap memiliki semangat hidup dan terus berkarya, meski harus dilakukan di balik jeruji besi

#Kreatifitas #Terpidana #RumahTahanan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x